Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

FUF UIN Ar-Raniry Yudisium 34 Sarjana

AR-RANIRY| Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry kembali meluluskan sebanyak 34 orang sarjana strata satu (S1), pengukuhan gelar sarjana tersebut dilakukan pada Yudisium Sarjana Strata Satu Semester Genap tahun akademik 2016/2017, Jumat (11/8/2017) di Aula kampus Ushuluddin, Banda Aceh.

Dekan FUF Dr. Lukman Hakim, M.Ag dihadapan yudisia mengatakan, ke 34 sarjana tersebut telah mengukuti berbagai proses akademik dan syarat lainnya untuk sah menyandang gelar sebagaimana telah ditentukan.

“Di Usia ke 54, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat kembali melahirkan sarjana-sarjana yang sangat berpotensi, sehingga pelepasan dan kembalinya ke masyarakat diharapkan dapat menerapkan dan mentranfer ilmunya demi kamajuan masyarakat dan daerah di mana dia menetap,” imbuh Lukman.

Ditambahkan, proses yudisium ini merupakan pelepasan sarjana dari kampus kepada orang tua dan masyarakat, sejak menyandang gelar sarjana ini, maka telah diembankan kepada mereka untuk membina masyarakat mejadi masyarakat madani.

Dekan Lukman Hakim menyebutkan, ada empat program studi di FUH dan masing-masing prodi memiliki target tersendiri kepada lulusannya. Lulusan prodi ilmu aqidah, diharapkan menjadi intelektua yang menjaga kelurusan aqidah umat, begitu juga dengan prodi perbandingan agama, diharapkan mampu mengadvokasi dan penyelesaian problem yang diakibatkan dengana adanya keragaman agama dalam masyarakat.

Lebih lanjut kata Lukman, lulusan dari prodi ilmu Al-Quran dan tafsir diharapkan menjadi penyampai pesan moral Al-Quran kepada masayarakat, dan bagi lulusan sosiologi agama diharapkan mampu manganalisis setiap dampak dan gejala sosial keagamaan terkini yang muncul di masyarakat.

“Para sarjana ini telah dilepas oleh kampus tempat ia menimba ilmu, kami berpesan bahwa segera sampaikan kabar gembira ini kepada orang tua dan orang-orang yang telah mendukung punuh selama proses belajar, merekalah yang pertama harus diberi kabar gembira ini,” ujarnya.

Wakil Dekan bidang Akademik FUF, Maizuddin, M.Ag, menyebutkan, fakultas ushuluddin dan filsafat pada semester genap ini meluluskan sebanyak 34 sarjana S1, yakni 17 laki-laki dan 17 perempuan. Dari predikat kelulusan, 20 di antaranya memperoleh predikat istimewa dengan IPK tertinggi 3,96 dan 14 orang baik sekali.

Maizuddin mengatakan, dilihat dari masa studi, mereka sangat baik, 20 orang di antaranya dapat menyelesaikan selama delapan semester, 6 orang 10 semester, 2 dengan masa studi 12 semester dan 6 orang selesai 14 semester. Dari jumlah lulusan tersebut, 3 orang berasal dari Malaysia. [Nat]

0 Komentar