Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

Mahasiswa Asing UIN Ar-Raniry dibekali Orientasi Perpustakaan

AR-RANIRY l Sebanyak 80 mahasiswa/i asing yang sedang menempuh studi di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh, Sabtu (9/9/2017) mengikuti orientasi perpustakaan di UPT. Perpustakaan UIN Ar-Raniry. Mereka berasal dari tiga negara yaitu Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Kepala UPT. Perpustakaan Khatib A. Latief dalam sambutannya mengatakan bahwa saat ini UPT. Perpustakaan sedang berbenah diri dalam semua aspek manajemennya.

Saat ini, katanya Perpustakaan sudah memiliki logical framework sampai tahun 2019. Untuk tahun 2016 Perpustakaan focus pada strengthening staff capacity (penguatan kapasitas staf), tahun 2017 fokus pada ICT facilities update (perbaharuan fasilitas ICT), 2018 fokus pada Quality service improvement (peninghkatan kualitas layanan berbasis web), dan 2019 fokus pada Excellence Institution Stage (menjadikan lembaga yang unggul).

Selain itu, dihadapan mahasiswa asing UIN Ar-Raniry, Khatib mengatakan UPT Perpustakaan saat ini sedang berbenah untuk mengembangkan diri menjadi learning space yang unggul, friendly (ramah), dan unforgotten venue (ruang yang tak terlupakan).

"Materi Orientasi Perpustakaan mulai dari pengenalan visi dan misi perpustakaan, layanan perpustakaan, penelusuran informasi manusia dan online, layanan referensi, sampai tour ke semua unit layanan perpustakaan. Mahasiswa asing nampak sangat serius dalam mengikuti kegiatan. Terutama pada materi penelusuran informasi melalui OPAC dan Upload karya ilmiah di repository",kata Khatib saat dihubungi ar-raniry.ac.id, Minggu (10/9).

Muhammad Anas Rosdi selaku koordinator Persatuan Kebanggsaan Pelajar Malaysia di Indonesia - Cawangan Aceh (PKPMI-CA) mengatakan orientasi perpustakaan sangat membantu teman-teman mahasiswa asing untuk mengenal library secara lebih dekat. Ia menilai, disamping sebagai kegiatan rutin, kegiatan ini sangat bermanfaat sehingga pemanfaatan layanan perpustakaan lebih optimal.

"Saya sangat mengapresiasi kegiatan orientasi ini karena sangat membantu tema-teman untuk mengenal library lebih dekat. Namun, kami berharap nak dilakukan bukan hanya sekali setahun tetapi perlu ada vertahap",kata Anas yang juga tercatat sebagai alumni Sekolah Menengah Raja Dr. Nazrin Shah (SARJANA).

Orientasi perpustakaan untuk mahasiswa asing ini difasilitasi oleh empat orang pustakawan,masing-masing Muslina, Nurhabibah, Yusrawati dan Saifullah. Semua materi di presentasi melalui video yang disupport dengan video script sehingga menarik dan peserta tidak jenuh. [Arkin Kisaran / KAL]

0 Komentar