Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

Miftahul Ardhy Wakili UIN Ar-Raniry ke KKB

AR-RANIRY l Miftahul Ardhy dari Prodi Sejarah dan Kebudayaan Islam, Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) mewakili UIN Ar-Raniry pada kegiatan Kemah Kerja Budaya (KKB) yang diadakan di Desa Ampera, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara Selasa sampai Jumat, 5-8 September 2017.

Kegiatan yang bertema "Rindu Pulang Kampung" itu diikuti 54 peserta yang berasal dari sejumlah instansi maupun komunitas di wilayah Aceh dan Sumatera Utara.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Langkat yang diwakili oleh Sekda, dr. H. Indra Salahuddin.

Dalam sambutannya, Sekda menjelaskan bahwa dipilihnya Desa Ampera untuk kegiatan KKB itu karena desa tersebut merupakan desa Melayu tertua di Kabupaten Langkat.

Dikatakan Sekda, kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa dapat mempelajari kebudayaan Melayu serta merasakan bagaimana masyarakat Melayu berinteraksi melalui kesenian, adat istiadat dan norma-norma yang berlaku di desa tersebut.

"Saya berharap mahasiswa agar mendapat pengalaman di sini, dan menceritakan bagaimana sistem kebudayaan dan kehidupan Melayu tersebut kepada masyarakat luar daerah ini," ujar Sekda.

Sementara delegasi dari Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, Miftahul Ardhy Minggu (10/9) sore mengatakan, kegiatan ini sangat penting bagi mahasiswa karena mempelajari tentang sejarah Melayu di Sumatera Utara.

"Di sana kami juga diperkenalkan sejumlah peninggalan-peninggalan makam raja, kesenian melayu, benteng Jepang, benteng Deli dan objek sejarah lainnya, semoga ini dapat menjadi pengalaman berharga bagi kami sebagai peserta," kata Ardhy yang juga Ketua HMP SKI UIN Ar-Raniry. []

0 Komentar