Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

Peringati Tsunami, Mahasiswa FAH UIN Ar-Raniry Gelar Doa Bersama

AR-RANIRY l Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry melalui pengurus Dewan Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora (DEMA-FAH) menggelar doa bersama untuk mengenang 13 Tahun musibah Tsunami yang melanda Aceh pada 2004 silam di pelataran fakultas kampus setempat, Kamis (27/12/2017).

Ketua umum Dewan Mahasiswa Fakultas Adab dan Humaniora, Maulana Ahsan melalui Ketua Pelaksana, Rahmad Habibi mengatakan bahwa kegiatan doa dan zikir bersama merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya. Selain mendoakan, kegiatan ini juga untuk mengenang saudara-saudara kita yang meninggal dunia pada gempa dan tsunami 2004 yang lalu.

“Kegiatan doa bersama yang dirangkai dengan tausiyah kita peringati untuk mengenang para syuhada tsunami. Acara diawali dengan yasinan bersama yang dipimpin oleh Dr. Zuhelmi dan dilanjutkan dengan tausiyah yang disampaikan oleh ustadz Fahmie Sofyan, MA ”,kata Rahmad Habibi selaku ketua Departemen Agama DEMA FAH.

Sementara itu, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, Syarifuddin, MA.,Ph.D yang diwakili oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. Bustami Abubakar, M.HUm berharap melalui peringatan 13 tahun tsunami ini, semoga kita semua sadar dan bisa mengambil hikmah yang tersirat dari musibah Tsunami demi kebaikan generasi kedepan.

"Acara ini diselenggarakan bukan bermaksud untuk mengembalikan kesedihan masa lalu, ataupun hanya sekedar ritual tahunan, melainkan sebagai bentuk memahami sejarah penting ataupun mengambil hikmah yang tersirat dari musibah itu demi kebaikan generasi kita ke depannya",demikian pesan Bustami saat memberi arahan sekaligus membuka acara, Rabu (27/12/2017) dihadapan seluruh mahasiswa dan dosen yang berhadir di pelataran Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry.

Dalam kesempatan tersebut, Ustad Fahmi Sofyan dalam tausiyah nya  mengajak seluruh jama'ah agar selalu bertawakkal kepada Allah SWT dalam hal apapun, bukan mengeluh atas cobaan ataupun ujian yang diberikan Allah SWT.

Karena sejatinya, menurut Ustad Fahmi musibah  yang Allah berikan kepada kita bukan berarti sebuah kebencian terhadap kita, namun bisa jadi itu merupakan teguran ataupun ujian bagi makhluknya untuk menguji seberapa besar rasa sabar yang dimiliki hambanya.

Diakhir Acara ditutup dengan do'a bersama yang dipimpin oleh ustadz Muhammad Thayib, MA. Turut diikuti oleh dosen, mahasiswa dan seluruh civitas akademika Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry. [Arkin Kisaran]

0 Komentar