Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

Dosen Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry Dorong Mahasiswa Budayakan Menulis

AR-RANIRY l Dalam upaya meningkatkan budaya menulis bagi kalangan mahasiswa, Prodi Diploma III Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry mendorong mahasiswanya untuk menjadikan menulis menjadi sebuah tradisi.

“Kegiatan menulis belum menjadi budaya bagi sebagian kalangan mahasiswa. Seiring perkembangan teknologi tidak sedikit mahasiswa yang lebih memilih jalan instan dengan melakukan copy-paste ketika ada tugas yang diberikan para dosen”,demikian dikatakan oleh Sri Wahyuni, M.IP salah seorang dosen luar biasa pada Prodi Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry, Sabtu (13/1/2017) melalui pesan singkat yang dikirim ke redaksi ar-raniry.ac.id.

Menurut Sriwahyuni, untuk mewujudkan budaya menulis bagi kalangan mahasiswa. Ia memulai dengan hal sederhana dengan mengajak mahasiswa Prodi D3 Ilmu Perpustakaan dibawah bimbingannya diakhir perkuliahan untuk membuat modul berbentuk buku yang merupakan rangkuman dari materi selama proses belajar mengajar. Dalam kesempatan tersebut mereka mampu menghasilkan dua karya masing-masing buku Klasifikasi karya mahasiswa angkatan 2016 dan Sejarah Perpustakaan Islam karya mahasiswa angkatan 2017.

Langkah ini diambil, katanya sebagai langkah awal bagi mahasiswa D3 Ilmu Perpustakaan untuk menunjukkan citra dan kreatifitas dalam menuangkan ide dalam sebuah tulisan. Menurutnya mahasiswa D3 Ilmu Perpustakaan yang selama ini lebih berkecimpung dalam hal teknis pengelolaan perpustakaan juga harus mampu menuangkan ide dalam bentuk tulisan.

Sebelumnya, kata Sri mahasiswa prodi S1 Ilmu Perpustakaan UIN Ar-Raniry dibawah bimbingannya juga baru melakukan lauching 2 (dua) Film dan buku karya mahasiswa dengan mengusung tema ‘eksistensi pustakawan zaman Now”, Kamis (4/1/2018) bertempat di Aula Mini Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry.

Ia berharap karya yang dihasilkan mahasiswanya, mampu memotivasi mereka untuk menjadikan menulis menjadi sebuah tradisi dalam pencapaian gelar akademik mereka. Menurutnya, calon pustakawan jangan hanya mampu dalam hal-hal teknis perpustakaan seperti klasifikasi, katalogisasi dan lainya semata. Namun para calon pustakawan juga dituntut menghasilkan karya pengetahuan baik artikel, paper, buku maupun artikel populer lainnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Prodi D3 Ilmu Perpustakaan FAH UIN Ar-Raniry, Ruslan, M.Si.,M.LIS. Ia mengaku sangat bangga dan mendukung setiap bentuk kreatifitas yang dilakukan para dosen dan mahasiswa untuk peningkatan soft skill demi pengembangan dunia perpustakaan kearah yang lebih baik.

Tahun 2018, kata Ruslan pihak prodi juga sudah merencanakan program pengadaan buku bergenre fiksi yang merupakan karya mahasiswa D3 Ilmu Perpustakaan sendiri.“Bagi mahasiswa yang memiliki kreatifitas dalam bidang menulis akan difasilitasi oleh prodi untuk menghasilkan sebuah buku. Dan diharapkan dengan kegiatan ini menjadi cikal bakal nantinya untuk menghasilkan karya yang dapat menunjang kemajuan D3 Ilmu perpustakaan UIN Ar-Raniry.” Katanya. [Arkin Kisaran]

0 Komentar