Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

FDK Gelar Seminar Konseling Islam

AR-RANIRY| Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menggelar Seminar Konseling Islam, kegiatan tersebut berlangsung pada 27-28 Oktober 2016 di Aula Fakultas itu. Tema yang diangkat yakni Membangun Skill Conselor Menghadapi klien.

Dekan FDK UIN Ar-Raniry, Dr. Kusmawati Hatta, M.Pd., dalam sambutannya pada pembukaan kegiatan Jumat (28/10) mengatakan, bahwa kehidupan sehari-hari setiap manusia tidak terlepas dari berbagai masalah dan dengan berbagai bentuk dihadapinya, kegiatan seperti ini sangat penting dilakukan untuk mencari solusi terhadap hal tersebut.

“Seminar seperti ini penting dilaksanakan mengingat kehidupan manusia tidak pernah lepas dari berbagai masalah, bahkan seiring dengan perkembangan pola kehidupan yang dipengaruhi oleh kemajuan teknologi, manusia di zaman ini dihadapkan pada multiproblem yang berpengaruh pada kehidupan keluarga dan lingkungan kerja,” ujarnya.

Dia menggambarkan, dalam jangka 10 tahun terakhir telah terjadi peningkatan kasus perceraian yang diadukan ke Pengadilan Agama Kota Banda Aceh, angka ini menunjukkan bahwa kehidupan manusia zaman modern ini makin banyak menghadapi masalah yang perlu bantuan dari para konselor Islam.

“Keluar harmonis, yakni keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah merupakan impian dan harapan semua orang, menciptakan keharmisan dalam berumah tangga harus dimulai dari masing-masing diri dan pribadi manusia, karena jika tidak dialkukan secara bersama akan mustahil akan terciptanya,” ujar Dekan yang juga ahli bidang konseling.

Kusmawati menyatakan bahwa, sesungguhnya persoalan kehidupan manusia atau tingkat kebahagiaannya bukan ditentukan oleh masalah kehidupan yang dihadapinya, melainkan bagaimana cara ia menghadapi masalah tersebut. Sebagian besar orang membutuhkan bantuan dari ahli untuk lebih bijak dalam menghadapi masalah tersebut. Oleh karena itu sangat perlu didik untuk melahirkan konselor-konselor yang islami.

Sementara itu Ketua panitia, Juli Andryani, S.Ag, M.Si mengungkapkan, seminar yang berlangsung dua hari ini diisi oleh dua pemateri, yakni Nursan Junita, MA., Clin.Psy, Dosen Universitas Malikul Saleh Lhoksumawe dan Abdul Quddus, SH,CH.,Cht., yang merupakan Consultant QIU Institute Indonesia.

Seminar konseling Islam ini diikuti 50 peserta, terdiri dari dosen dan mahasiswa, diharapkan setelah mengikuti seminar tersebut hingga selesai, ke depan akan menjadi konselor-konselor yang baik dan ramah dalam melayani dan menerapkan iilmunya bersama masyarakat.[]

Penulis : Riza | Editor : Nat

0 Komentar