Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

FEBI UINAIR YUDISIUMKAN MAHASISWA TERBANYAK

FEBI-UNAIR. Sabtu, 12 Agustus 2017 yang lalu, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Ar-Raniry meyudisiumkan mahasiswanya, pada Program Studi Diploma Tiga (D-III) Perbankan Syariah untuk Semester Genap Tahun Akademik 2016-2017, kegiatan tersebut berlangsung di Aula Pertemuan Biro Rektor UIN Ar-Raniry Lantai 3, Darussalam, Banda Aceh.

Wakil Dekan I Bidang Akademik FEBI UIN Ar-Raniry Dr. Muhammad Yasir Yusuf, MA melaporkan bahwa yudisium kali ini merupakan yang berkualitas dan terbanyak dibandingkan dengan yudisium lima tahun terakhir. "Berkualitas karena kita bisa memastikan bahwa peserta yudisium Semester Ganjil 2016-2017 saat ini sudah dinyatakan lulus TOEFL, dengan skor 400 dan lulus mengikuti program Ma'had Aly dalam pembinaan karakter dan bahasa, dan terbanyak jumlahnya selama lahirnya FEBI.", papar beliau.

Pada yudisium ke enam ini, peserta yudisium yang berjumlah 88 orang terdiri dari 62 orang perempuan dan 26 orang laki-laki. Sedangkan dari peringkat yang meraih predikat Istimewa berjumlah 37 orang, predikat Baik Sekali berjumlah 48 orang dan predikat Baik berjumlah 3 orang. Lulusan yang memiliki Indeks Pretasi Kumulatif tertinggi  dengan  IPK. 3,93 diraih oleh, Rahmati/140601133, tempat/tanggal lahir : Aceh Besar, 26 Januari 1996, Judul LKP: ”Sistem Pengawasan Berdasarkan Risiko Terhadap Perbankan Syariah Oleh Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Aceh". Dengan pembimbing I: Dr. Nilam Sari, M.Ag. Pembimbing II: Dr. Nevi Hasnita, S.Ag, M.Ag.

Yudisium kali ini Orasi Ilmiah di isi oleh Director, Center of Islamic Business and Economic Studies (CIBEST), Bogor Agricultural University Bapak Irfan Syauqi Beik, Ph.D, dengan Judul : “Peran Perguruan Tinggi dalam Mengarusutamakan Ekonomi Syariah dalam Sistem Perekonomian Nasional”. Beliau juga sebagai Sekretaris Koperasi Syariah 212 dan Pengasuh Rubrik Ekonomi Syariah di Koran Republika.

Dalam Orasi Ilmiahnya Beliau mengharapkan agar FEBI UIN Ar-Raniry Banda Aceh sebagai Institusi Pendidikan dapat berkerjasama dengan Instansi Pemerintah, salah satunya adalah Baitul Mal Aceh dalam hal pengembangan dan pengumpulan zakat serta bagaimana cara mendistribusikannya dengan baik. Dan di lain pihak mahasiswa hasil lulusan FEBI dapat dijadikan sebagai tenaga pendamping untuk mengarahkan masyarakat agar dapat mengelola dana zakat yang diberikan Baitul Mal secara baik dan benar dalam bingkai Ekonomi Syariah. “Saya berharap hasil kerjasama ini dapat menjadi rule model untuk provinsi lain, bahkan mungkin negara-negara lain di dunia”. Pungkas Pak Irvan.

Dekan  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam  FEBI UIN Ar-Raniry Dr. Nazaruddin A. Wahid, MA mengamanahkan para peserta Yudisium agar dapat mengembalikan Paradigma Bisnis Islam yang sesungguhnya. “Saudara dituntut untuk mengembalikan masyarakat untuk mengamalkan Bisnis yang Islami, sehingga mampu menata kembali struktur sosial masyarakat sebagaimana masyarakat Madani yang telah terwujud pada masa Rasulullah dan para Sahabatnya, dengan demikian kelak semua kita akan memperoleh kebahagiaan Dunia dan Akhirat” paparnya.

Acara ini di akhiri dengan sesi foto bersama mahasiswa dan seluruh civitas akademika FEBI UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

0 Komentar