Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

Prodi Perbankan Syariah FEBI Selenggarakan Workshop Pengenalan Pasar Saham


AR-RANIRY, Perkembangan pola investasi yang begitu cepat, menjadikan suatu keharusan bagi mahasiswa untuk memperbaharui (update) ilmu mereka. Salah satu bentuk investasi yang cukup menjanjikan saat ini adalah penanaman modal di pasar saham.

Karenanya, demi meningkatkan pemahaman terhadap apa dan bagaimana operasional pasar saham, Program Studi (prodi) Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry mengadakan workshop pengenalan pasar saham pada tanggal 6 Oktober yang lalu dengan mengangkat tema’ Pengenalan Pasar Saham Syariah’.

Acara ini langsung dipandu oleh wakil PT. RHB Sekuritas Indonesia untuk wilayah Aceh, Muslim Hasan Birga dimana beliau mengupas bagaimana dinamika jual beli saham yang terjadi dalam sehari-hari.

Muslim Hasan Birga juga mengupas kategori saham yang disebut dengan kategori baik dan layak dibeli, mana saham yang dalam masa penurunan nilai sehingga harus dihindari. Termasuk juga bagaimana menjangkakan keuntungan pada setiap 1 lot (100 saham) yang akan dibeli dan apa saja resiko yang harus dipersiapkan.

“Menariknya, proses penjelasan ini didukung oleh data-data online yang ditampilkan oleh pasar saham sehingga semua pergerakan saham saat dan detik itu bisa dilihat dan dinilai secara langsung, “ kata Muslim Hasan Birga.

Sementara itu, menurut ketua Prodi Perbankan Syariah (PS), Israk Ahmadsyah, B.Ec.,M.Ec.,M.Sc, Workshop tersebut dimaksudkan untuk menambah khazanah wawasan mahasiswa yang nantinya bisa digunakan untuk dua hal, pertama, memperkaya ilmu ekonomi dan kuangan mahasiswa di prodi, dan dengannya diharapkan dapat membantu mahasiswa khususnya letting 2014 (angkatan pertama prodi PS) untuk menemukan wacana atau bentuk permasalahan-permasalahan yang wujud di sekitar jual beli saham di pasar saham yang ada saat ini, sehingga menambah referensi mereka jika ingin dilanjutkan dalam penulisan proposal skripsi.

Dari hasil paparan pemateri, memperlihatkan adanya penurunan pada harga saham dalam periode tertentu dan ini bukan hanya terjadi pada satu jenis saham, tapi terjadi pada beberapa jenis saham.

“Nah, ini menunjukkan adanya gejala faktor eksternal apakah itu berupa kebijakan ekonomi makro atau kebijakan keuangan yang diterapkan saat ini atau juga karena kelesuan pasar yang mempengaruhi harga-harga saham“ dan ini menarik untuk dijadikan sebagai bahan kajian khususnya untuk skripsi mereka,” tandas Israk Ahmadsyah.

Yang kedua, kata Israk, dengan workshop ini diharapkan juga dapat membuka wacana mereka bahwa ini juga merupakan peluang pekerjaan atau investasi, sehingga bisa digeluti di kemudian hari.” Tentunya, yang diharapkan, mereka tertarik untuk berinvestasi di saham-saham yang sudah diakui oleh Dewan Syariah Nasional sebagai saham syariah. [zulkhairi]

0 Komentar