Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

Dosen FEBI sebagai Pembicara di Konferensi Internasional Ekonomi dan Keuangan Islam di Kuala Lumpur

FEBI-AR-RANIRY. Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry, Dr Hafas Furqani, M.Ec mempersentasikan papernya di Konferensi Internasional Ekonomi dan Keuangan Islam (ICIEF 2016), yang diselenggarakan oleh IRTI, IIUM dan IAIE di Kuala Lumpur, Malaysia, pada tanggal 11-13 Oktober 2016 yang lalu.

Kesempatan ini di peroleh Dr. Hafas yang juga menjabat Direktur CENTRIEFP setelah mengikuti seleksi hampir 1000 paper ilmiah tentang ekonomi dan keuangan islam, namun yang berhasil lolos seleksi hanya 30 orang dari berbagai Negara. Beliau dalam presentasinya yang berjudul "Consumption and Morality: Principles and Behavioral Framework in Islamic Economics", memaparkan tentang konsumsi dan moralitas dilihat dari segi prinsip dan prilaku dalam kerangka ekonomi islam.

Konferensi internasional yang berlangsung selama tiga hari tersebut mendiskusikan berbagai topik berkaitan ekonomi dan keuangan syariah, seperti perbankan syariah, asuransi syariah dan pasar modal syariah. Konferensi ini menjadi menarik karena bertepatan dengan 40 tahun kelahiran ilmu ekonomi Islam secara formal dalam kehidupan muslim moderen. Konferensi yang pertama sekali di gelar pada tahun 1976 di Mekkah Al-Mukarramah. Konferensi yang pertama sekali digelar tersebut dihadiri oleh ratusan ilmuwan dari berbagai dunia yang mendeklarasikan kesepakatan untuk melahirkan kembali praktik dan sistem ekonomi Islam di dunia kontemporer. pada tataran ilmiah, terdapat kesepakatan untuk melakukan Islamisasi ilmu ekonomi agar sesuai dengan perspektif Islam. 

Konferensi tahun ini dihadiri oleh ilmuwan-ilmuwan dunia seperti Prof. Muhammad Yusri (Qatar University), Prof. Abdullah Qurban al-Turkistani (King Abdul Aziz University, Jeddah), Prof. Mabid Ali al-Jarhi (INCEIF Malaysia), Prof. Mohamed Aslam Haneef (IIUM) dan lain-lain yang sebagiannya juga hadir pada konferensi yang pertama pada tahun 1976. 

Selain Dr, Hafas Furqani M.Ec yang mewakili FEBI UIN Ar-Raniry, juga turut hadir pembicara dari Indonesia seperti Dr. Raditya Sukmana (Universitas Airlangga), Dr. Ascarya (Bank Indonesia), dan lain-lain

2 Komentar


rehan rehan@gmail.com | 18-12-2016 10:38:32

<br /> KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (450) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MANGKUBONO _085_203-333-887_ terima kasih 2d 3d 4d 6d KLIK DISINI<br />

mariana mariana_faziliabismi@yahoo.com | 25-10-2016 03:56:03

Mantapp pak hafas.......