Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

Diplomat AS Isi Kuliah Umum di FISIP UIN

AR-RANIRY| Diplomat Amerika Serikat (Assistant Cultural Coordination U.S Embassy Jakarta) dari kantor Kedutaan Besar Amirik Serikat di Indonesia Maxwell Harrington menyampaikan kuliah umum dihadapan puluhan mahasiswa dan dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry. Senin (4/9/2017) di Aula gedung rektorat kampus setempat.

Dalam paparannya, Dia mengatakan bahwa beragam budaya di Amerika semakin memberikan kepada setiap orang yang beragama dan melakukan aktifitas keagamaan masing-masing, ajaran agama islam terus berkembang di sana.

“Meskipun saat ini muslim di Amerika tergelong minoritas dan hanya berjumlah satu persen dari jumal penduduk Amerika Serikat, namun pertumbuhannya sangat baik, dalam perhitungannya pada tahun 2050 mendatang akan mencapai dua persen dari seluruh penduduk AS,” ujar Maxwell.

Hal tersebut, salah satunya karena pemerintah Amerika sangat terbuka kepada imigran muslim yang datang serta angka kelahiran muslim tinggi. Hal tersebut yang nantinya akan meningkatkan bertambahnya jumlah penduduk muslim di Amerika.

“Toleransi beragama di Amerika sudah dilakukan sejak tahun 1805 oleh presiden AS ke tiga Thomas Jefersson yang mengadakan acara buka puasa bersama di Gedung Putih. Selain itu, di Amerika ada juga anggota parlemen (setara DPRK) di wilayah negera bagian AS Michingan, ada tiga orang yang beragama Islam,” ujarnya.

Maxwell juga menceritakan beberapa pengalamannya selama bertugas, khusus bidang kebudayaan. Ia menceritakan perkembangan budaya dengan menampilakn foto-foto pada slide yang ditampilkan, serta menjelaskannya kepada peserta.

Dekan FISIP UIN Ar-Raniry, Prof. Dr. H. Nasir Budiman, MA mengatakan, Fakultas tersebut telah didirikan sejak empat tahun lalu, dan berjalan aktif selama tiga tahun, saat ini terakreditasi B. Fakultas ini juga mempelajari ilmu-ilmu kebudayaan, dan ke depan akan dibuka prodi-prodi budaya di FISIP.

Kuliah umum tersebut, selain diikuti oleh puluhan mahasiswa, dosen dan karyawan, juga hadiri dari jajaran pimpinan fakultas di Lingkungan UIN Ar-Raniry, antara lain Dekan fakultas Adab dan Humanioran, Dr. Syarifuddin, Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Syahrizal Abbas, Dekan Saintek Dr. Dirhamsyah, serta sejumlah pejabat lainnya. [Nat]

 

0 Komentar