Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

Fakultas Psikologi Hadiri Kolokium AP2TPI di Manado

Fakultas Psikologi mengikuti Kolokium yang digelar Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia (AP2TPI). Kolokium yang diselenggarakan di Hotel Arya Duta  Kota Manado pada tanggal 4-5 Mei 2017 ini mengangkat tema Pendidikan Psikologi di Era MEA. Kegiatan ini di ikuti seluruh Fakultas/Prodi Psikologi  se-Indonesia.

Dalam pada itu Prof. Dr. Ali Ghufran dari Dirjen SDM Kemenristek DIKTI menyampaikan penjelasan permasalahan yang dihadapi oleh Kemenristek Dikti berkenaan dengan SDM. Ada permasalahan yang bersifat makro dan juga ada masalah mikro. Selanjutnya juga dipaparkan kebijakan dan strategi Kemenristek Dikti dalam menghadapai permasalahan – permasalahan tersebut. Sedangkan Prof. Dr Nani Noerrahman yang merupakan utusan dari Majelis Psikologi PP Himpsi menyampaikan tentang Kode Etik Psikologi dengan menekankan upaya – upaya preventif dalam penerapan ilmu psikologi, karena objek layanan psikologi tersebut adalah manusia.

Delegasi dari Psikologi UIN hanya dua peserta yang hadir, maka Prof. Eka Srimulyani mengikuti rapat komisi Dekan/kaprodi. Sedangkan Jasmadi mengikuti rapat komisi S1. Pada komisi Dekan dibicarakan tentang kebijakan – kebijakan, regulasi-regulasi, dan prosedur legal formal. Yang paling mencuat dalam diskusi ini adalah berkaitan dengan nomenklatur pendidikan S2 Magister Profesi, minat Psikologi Industri – Organisasi dan Psikologi Pendidikan. Selanjutnya di bagian akhir pertemuan forum ini adalah pemilihan ketua AP2TPI baru dan tuan rumah kolokium selanjutnya. Untuk kolokium selanjutnya, dilakukan 2 tahun sekali. Dan tuan rumahnya adalah Sumatera Selatan (Universitas Sriwijaya). Sedangkan komisi S1, menfokuskan tema sharingnya adalah dalam hal penerapan kurikulum Perguruan Tinggi dengan standar KKNI. Selain kurikulum juga dipaparkan tentang pengembangan SDM dan penerapan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) di beberapa perguruan tinggi peserta AP2TPI.

Ada hal penting dalam sesi akhir ini yang dicatat oleh delegasi UIN Ar-Raniry, yaitu:

  • Kolokium AP2TPI ke depan adalah 2 model, yaitu kolokium khusus (khusus pengurus saja. Hal dapat dipahami sebagai rapat pengurus) dan kolokium penel (yang dihadiri oleh semua anggota AP2TPI). Kolokium khusus adalah 1 tahun sekali, sedangkan kolokium panel 2 tahun sekali.
  • Tuan rumah untuk kolokium khusus tahun 2018 adalah Wilayah Jakarta dengan koordinator Universitas Pancasila Jakarta. Sedangkan tuan rumah kolokium panel tahun 2019 adalah Wilayah Sumatera 2, dengan koordinator Universitas Sriwijaya Palembang.

 

0 Komentar