Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

Praktisi Psikologi berikan kuliah umum di Fakultas Psikologi UIN Ar Raniry

Ar-Raniry | Kamis, 29 September 2016 Fakultas Psikologi menggelar Studium General dengan tema Peran Praktisi Psikologi Dalam Dunia Kerja (Industri Dan Organisasi) Guna Meningkatkan Motivasi Dan Kepuasan Kerja yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry dan bertempat di Teather Room Gedung Museum Serbaguna.

Ketua Panitia Dr. Muhammad Nasir, M.Hum dalam sambutannya mengatakan bahwa Studium General ini dilaksanakan satu kali dalam satu semester, shingga mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan ini dan mampu menyerap materi yang diberikan. “Kesempatan ini hendaknya dipergunakan dengan sebaik-baiknya, jadilah peserta yang aktif dn jangan sungkan bertanya jika masih ada yang belum jelas” Ujarnya.

Sedangkan Dekan Fakultas Psikologi Prof. Dr Eka Srimulyani, MA., Ph.D yang membuka acara menambahkan bahwa perkembangan industri saat ini sangat pesat dan tidak mungkin terbendung lagi, kita harus mampu mengikuti. Beliu berharap kepada mahasiswa untuk aktif dalam diskusi pada Studium General ini. “Industri membutuhkan tenaga ahli yang memiliki sikap yang psositif dan mampu melakukan dan mendorong terjadinya inovasi”Jelasnya.

Hadir sebagai narasumber adalah Iban Salda Safwan, S.Psi., Psikolog. Beliau adalah putra dari Prof.Dr. Safwan Idris Mantan Rektor UIN Ar-Raniry dan saat ini bekerja di  PT. Chevron Pacific Indonesia sebagai People Development Specialist for Indo Asia, selain itu juga sebagai dosen terbang di beberapa Universitas di Indonesia.

Dalam materinya Iban mengatakan bahwa ada beberapa hal yang mendorong kita menuju sukses, diantaranya adalah minat. Minat hanya memberi pengaruh sekitar 5%. Minat sangat dipengaruhi oleh faktor eksternal, dan bisa dengan mudah berubah tergantung dari situasi dan kondisi. Faktor yang kedua adalah kemampuan yaitu memberi sumbangan sekitar 30%. Jika seseorang ingin sukses maka memerlukan kemampuan sesuai dengan bidang yang ditempuhnya. Sedangkan yang terakhir adalah karakter yaitu 65%. Menurut Iban, karakter memiliki peran yang sangat penting dalam menuju sukses dan karakter bisa terbentuk dengan melakukan sesuatu yang berulang-ulang.

Mahasiswa peserta kuliah umum tampak sangat antusias mengikuti jalannya acara dan juga aktif bertanya ketika ada hal yang dirasa kurang jelas.

Studium General ini dimoderatori oleh Bapak Jasmadi,  S.Psi., MA., Psikolog. Menurut beliau kegiatan ini sangat bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua, khususnya mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry,  baik sebagai bekal praktek lapangan dalam bidang I/O maupun sebagai bekal di dunia kerja nantinya. Hal yang perlu ditekankan menurut beliau dari kesimpulan Studium General ini bahwa lapangan kerja dalam bidang Psikologi bukan hanya pada Core Bisnis Psikologi (Bidang Psikoterapi,  Bidang rekrutmen dll) saja. Kita perlu membekali mahasiswa untuk mampu berperan dalam lapangan Non-Core Bisnis Psikologi.

0 Komentar