Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

PRODI BIOLOGI FST SUKSES ADAKAN SEMINAR INTERNASIONAL TENTANG PERUBAHAN IKLIM GLOBAL

Pada hari Kamis, (5/11/2015) Program Studi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry Banda Aceh mengadakan Seminar Internasional dengan tema “The Impact of Global Climate Change: The Perspective of Sciences and Aceh Government” (Dampak Perubahan Iklim Global: Perspektif Sains dan Pemerintah Aceh) bertempat di Theater Room Museum UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Kegiatan yang dihadiri oleh 130 orang peserta ini juga turut dihadiri oleh para Wakil Dekan FST, perwakilan dari Prodi Kimia, Prodi Arsitektur dan Prodi Teknik Lingkungan FST, utusan dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN serta tamu undangan dari Universitas Syiah Kuala. Pada kesempatan tersebut, Wakil Dekan I Fakultas Sains dan Teknologi, Dr. Muhammad AR,M. Ed dalam sambutannya menyampaikan harapan agar acara seminar sejenis lebih banyak diadakan guna pengembangan wawasan serta potensi mahasiswa dan masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Prodi Biologi selaku Ketua Panitia menekankan agar para mahasiswa yang menjadi peserta seminar untuk bersungguh-sungguh mengikuti acara tersebut. “Mahasiswa diharapkan mengikuti seminar ini dengan sungguh-sungguh. Dengarkan pemaparan para pemateri, dan serap informasi dan ilmu yang diberikan sebanyak mungkin,” kata Dr. Muslim Razali SH., M.Ag, saat menyampaikan laporan kegiatan pelaksanaan seminar.

Tampil sebagai pembicara inti pada acara tersebut, Asso. Prof. Dr. Shih-Chieh Chang dari Department of Natural Resources and Environmental Studies, Nasional Dong Hwa University, Taiwan. Dia memaparkan penelitian yang telah dilakukannya, kondisi iklim global terkini serta pengaruh peningkatan karbondioksida terhadap perubahan iklim. Presentasi kemudian dilanjutkan oleh Prof. Dr. Muchlishin Z. A, S.Pi., M.Sc, Dekan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Syiah Kuala yang menguraikan dengan rinci dampak dari pemanasan global terhadap kondisi perikanan dan kelautan di daerah Aceh, dampak yang dapat ditimbulkan serta kemungkinan solusi yang dapat dilakukan oleh para ahli, praktisi perikanan dan kelautan maupun oleh pemerintah Aceh. Sementara itu, Ir. Anggria Zultina Rosa selaku Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam BAPEDAL Aceh hadir sebagai pemateri yang mengelaborasi perspektif pemerintah Aceh terhadap perubahan iklim global.

Selain seminar, acara ini juga dimeriahkan oleh orasi ilmiah yang disampaikan oleh mahasiswa terkait kondisi bumi dewasa ini serta pembacaan puisi dengan tema kebakaran hutan.

Seminar internasional biologi ini didukung oleh Elite Study in Taiwan (ESIT), sebuah organisasi di bawah naungan Kementerian Pendidikan Taiwan yang mewadahi mahasiswa dari berbagai negara yang berkeinginan melanjutkan studi di Taiwan. Dalam kunjungan yang dilakukan dari tanggal 4 hingga 9 November 2015 ini, Prof. Chang juga akan melakukan kunjungan ke OIA (Office of Internasional Affairs) untuk menjajaki kemungkinan kerjasama.

Dalam kesempatan yang sama, Prodi Biologi Fakultas Sains dan Teknologi mengupayakan kerjasama dengan Department of Natural Resources and Environmental Studies, Nasional Dong Hwa University, Taiwan. (Ayu NS)

Berita terkait

http://ar-raniry.ac.id/kategori/fakultas-sains-dan-teknologi/12?page=5

http://ar-raniry.ac.id/berita/fakultas-sains-dan-teknologi/489/awali-kuliah-semester-ganjil-20152016-prodi-arsitektur-gelar-architecture-talk

http://ar-raniry.ac.id/berita/fakultas-sains-dan-teknologi/502/prodi-kimia-fst-adakan-kuliah-umum

 

 

 

1 Komentar


Jurgen John hadiefattah@gmail.com | 13-05-2016 09:44:46

Wow keren banget<br /> http://carapemanasanglobal.blogspot.com/