Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

Gandeng ALC, FSH UIN Kembangkan Otomasi Perpustakaan

AR-RANIRY| Dalam rangka mewujudkan program pengembangan sistem otomasi perpustakaan Perguruan Tinggi berbasis web, Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry bersama Aceh Library Consultant (ALC) melakukan terobosan baru dengan melakukan otomasi dan digitalisasi sistem perpustakaan di perpustakaan kampus setempat, Jum’at (14/8/2015).

Uswati, S.IP salah seorang staf perpustakaan Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry mengatakan guna meningkatkan layanan perpustakaan serta membantu temu kembali informasi serta kemudahan akses buku yang menjadi rujukan pihaknya bersama Aceh Library Consultant (ALC) melakukan terobosan dengan melakukan pengembangan sistem otomasi perpustakaan.

“kedepannya untuk mencari koleksi buku tidak perlu lagi datang ke rak, cukup dengan search di OPAC semua sudah diarahkan oleh sistem”, kata Uswati

Ia menjelaskan seiring perkembangan teknologi informasi, sistem otomasi perpustakaan bertujuan untuk mempercepat dan mempermudah sistem pelayanan perpustakaan baik dalam proses pembuatan katalog (input data), pelayanan sirkulasi maupun penelusuran informasi (OPAC)

“Kegiatan bedah perpustakaan ini bertujuan untuk meningkatkan sistem pelayanan Perpustakaan berbasis web dengan menggunakan software SLiMS”,kata Uswati yang juga alumni lulusan Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Ar-Raniry, Sabtu (15/8).

Sementara itu, T.Ade Vidyan Maqfirah, S.IP selaku direktur Aceh Library Consultant (ALC) mengatakan sangat berterima kasih kepada Fakultas Syariah dan Hukum yang sudah memberi kesempatan kepada pihaknya untuk bersama-sama melakukan pengembangan otomasi perpustakaan.

“Ini sebuah amanah yang begitu istimewa bagi kami, diberi kesempatan untuk mengembangkan otomasi perpustakaan. Insya Allah, disamping melakukan instalasi sistem dan jaringan di perpustakaan syariah, kita juga akan melakukan pelatihan dan pendampingan bagi staf perpustakaan”, katanya. [Arkin]

 

0 Komentar