Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

Fakultas Syariah UIN Jejaki Kerja Sama dengan Satpol PP dan WH

AR-RANIRY|Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri (FSH-UIN) Ar-Raniry akan melakukan kerja sama dengan Satuan Polisi Pamong Praja dan Wilayatul Hisbah (Satpol PP dan WH) Aceh. Hal itu dibahas dalam pertemuan silaturrahim pimpinan FSH UIN Ar-Raniry dengan Pimpinan Satpol PP dan WH, Selasa (15/12/2015) di Kantor Satpol PP dan WH Aceh di Kota Banda Aceh.

Dekan FSH, Dr. Khairuddinmengatakan pada prinsipnya Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry memiliki tujuan yang hampir sama dengan Satpol PP dan WH, di mana tugas Satpol PP dan WH untuk mengatur dan melindungi masyarakat, fakultas syariah memiliki tujuan mendidik dan pengabdian.

“Tugas Satpol PP dan WH memiliki tujuan yang sama, hanya berbeda tupoksi, jika Satpol PP bertugas mengatur masyarakat, Fakultas Syariah berperan mendidik anak masyarakat dengan berbagai teori, prakteknya ada di tangan satpol PP dan WH, oleh sebab itu kami ingin Satpol PP dan WH menjadi bagian dari misi Fakultas”, ujarnya.

Dekan menambahkan, Banyak kerjasama yang bisa dilakukan, misalnya sosialisasi Qanun, misalnya, saat ini Grand desain sosialisasi Qanun Jinayah sedang digodok Wakil Dekan bidang Akademik FSH.Sebelumnya, Fakultas Syariah juga telah melakukan sejumlah pertemuan dengan beberapa lembaga untuk menjajaki kerjasama dalam rangka meningkatkan Tri Darma Perguruan Tinggi dan mendukung tugas-tugas lembaga lainnya di antaranya LoA dengan Bawaslu Aceh yang telah ditanda tangani, Mahkamah Syariah, DPRA, Dinas Syariat Islam, Kajati, Polda dan lain- lain.

Seperti diketahui, lan jut Khairuddin, UIN Ar-Raniry telah berhasil memperjuangkan statusnya menjadi Universitas (sebelumnya Institut), langkah selanjutnya adalah melakukan berbagai program pengembangan kelembagaan dan akademik.

“Upaya-upaya yang dilakukan selama ini tidak akan berhasil tampa dukungan dan kerjasama dengan berbagai pihak. Program Kerjasama juga bertujuan untuk membuka akses yang luas bagi para mahasiswa untuk menerapkan ilmu-ilmu yang telah dipelajari di ruang kelas dan meningkatkan kapasitas lulusan di masa mendatang,” tutup Dr Khairuddin.

Sementara itu, Kepala Bidang Kamtib, Mudawali mengatakan, kehadiran pihak Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry merupakan momentum yang sangat diharapkan seiring dengan meningkatnya tantangan Satpol PP dan WH dalam menjalankan tugas sosialisasi dan pengawasan penerapan Syari’at Islam.

“Di zaman globalisasi saat ini sangat sulit mengatur orang, semua berbicara masalah HAM dan kebebasan, padahal moralitas kita, khsususnya generasi muda sudah cukup parah, misalnya narkoba yang saat ini telah masuk ke semua lapisan dan usia,” ujar Dia.

Mudawali menambahkan, di sisi lain, ketika terjadi pelanggaran Syari’at, masyarakat atau lembaga lain terkesan menyalahkan kami, mungkin ini terjadi karena koordinasi yang kurang efektif, namun kita yakin bahwa kerjasama nantinya akan memberikan dampak positif dan saling mendukung.

Pertemuan itu juga dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Khairani, M.Ag, Ketua Prodi Hukum Tata Negara, Mutiara Fahmi, Lc, MA, Ketua Prodi Perbandingan Mazhab, Dr. Analiansyah serta sejumlah dosen di Lingkungan FSH UIN Ar-Raniry. [au/htn]

2 Komentar


Musfira fira.firasalim@yahoo.co.id | 20-08-2016 11:18:05

Semoga Allah memudahkan niat yang sedang direncanakan dan berjalan lancar serta sebagai masyarakat Aceh dari segala elemen dapat mendukung dengan sepenuh hati.<br />

Tgk.Bustamam Usman, SHI, MA bustamamusman78@gmail.com | 06-08-2016 01:00:56

Alhamdulillah,, semoga segala capaian dalam bentuk kerjasama ini bisa menanbah daya magnet dalam menghidupkan syiar islam di bumoe aceh bil khusus, serta kita harapkan kepada pemerintah serta sthankholder ,OKP, Ormas Islam semakin berani menyuarakan Risalah Agama dalam aneka ruang dan waktu sesuai denga kapasitas masing-masing...moga Marwah aceh kembali berjaya dengan Syariat islamnya sebagaima masa silam Aceh dalam bentuk Kerajaan..............Wallahu aklam bissawaam<br />