Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

302 Mahasiswa Lakukan Pengabdian di Aceh Besar

UINAR| Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh melepaskan sebanyak 302 mahasiswa peserta program Praktek Profesi dan Kuliah Pengabdian Masyarakat (PPKPM), Selasa (18/8/2015), proses pelepasan peserta disambut langsung oleh Bupati Aceh Besar Mukhlis Basyah yang berlangsung di Lapangan Bungoeng Jeumpa Kota Jantho.

Rektor UIN Ar-Raniry Prof. Dr. H. Farid Wajdi Ibrahim, MA dalam arahannya dihadapan Bupati Mukhlis Basyah dan sejumlah pejabat Aceh Besar mengatakan, program PPKPM ini merupakan program yang dilakasanakan oleh perguruan tinggi dalam rangka upaya peningkatan pelayanan yang inovatif dan efektif untuk mempercepat penyelesaian studi.

“ Program PPKPM ini merupakan yang perdana dilaksanakan dengan harapan para mahasiswa dapat menyelesaikan studinya dalam waktu empat tahun, semoga dengan kehadiran peserta PPKPM ini dapat mendorong serta memotivasi para siswa untuk melanjutkan studi ditingkat perguruan tinggi,” ujar Farid.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Dr. H. Mujiburrahman, M.Ag mengatakan, program PPKPM ini merupakan pilot projek yang baru pertama dilaksanakan pada tahun ini, diharapkan dapat berjalan dengan baik sehingga dapat ditemukan sebuah format yang ideal, tentunya dengan beberapa kali evaluasi ke depan.

Mujiburrahman merincikan, dari 302 peserta PPKPM ini merupakan mahasiswa di Sembilan program studi yang ada di bawah FTK UIN Ar-Raniry, mereka akan melaksanakan pengabdian bersama masyarakat lebih kurang dua bula, terhitung sejak 18 Agustus hingga 17 Oktober 2015 mendatang.

“Peserta PPKPM akan ditempatkan di delapan kecamatan di Aceh Besar, antara lain kecamatan Kuta Baro, Suka Makmur, Kuta Malaka, Indrapuri, Cot Gli, Seulimuem, Jantho dan Lembah Selawah. Selain mengabdi di Gampong-gampong yang telah ditentukan mereka juga diwajibkan untuk melakukan Praktek Profesi pada 40 sekolah atau madrasah yang ada di delapan kabupaten tersebut,” ujar Mujib. [Nat]

0 Komentar