Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

Kajian Ilmiah Bulanan di Fakultas Ushuluddin dan Filsafat

Fakultas Ushuluddin dan Filsafat melaksanakan kajian ilmiah dosen setiap bulannya. Kegiatan ini telah dimulai pada bulan Januari 2017. Pembicara dan peserta dan Kajian ilmiah ini tidak hanya dari fakultas ushuluddin, tetapi juga dari fakultas-fakultas lain. Pada bulan Januari yang lalu, kajian diisi oleh Dr. Jabbar Sabil dari Fakultas Syariah dan Hukum dengan Topik Menggagas Tafsir Ayat Ahkam untuk Fiqh Ikhtilaf. Pada bulan kedua, Februari, kajian diisi oleh Musdawati MA, dengan topik Hermenetika Al-Qur'an Abdullah Saeed dan pada bulan Maret yang telah dilaksanakan pada tanggal 8 Maret 2017, kajian ilmiah disampaikan oleh Dr. Fauzi Saleh, MA., dengan Topik HAM dalam Perpektif Fiqh Modern.

Dalam pemamaparannya, Dr. Fauzi Saleh menyamapaikan bahwa pemahaman keislaman kontemporer sebagai weltanschauung  harus bersifat korelatif guna membangun kerukunan sosial. HAM merupakan salah satu fokus kajian yang perlu dianalisis dengan fikih kekinian untuk dibumikan dalam realitas sosial. HAM yang sering dipahami berbenturan antara Islam dan Barat kemudian harus dibaca secara arif untuk memberikan pencerahan bagi umat. 

Kajian HAM dalam Fikih Kontemporer bermaksud mengupdate pemahaman melalui analisis kekinian sehingga memberikan ruang pemahaman representatif terhadap persoalan kontemporer dalam kaitan dengan HAM. Pemakalah menyakini sudut pandang yang berbeda tidak harus menjauhkan individu dalam mengimplementasi nilai-nilai versal HAM dalam kehidupan manusia (Mzd)

0 Komentar