Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

HMP Ilmu Alquran & Tafsir Kembali Gelar Kajian Tafsir Mingguan

Banda Aceh (17/3)-Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Alquran & Tafsir kembali melaksanakan  kegiatan Kajian Tafsir Mingguan untuk Semester Genap 2016/2017 di Aula Fakultas Ushuluddin & Filsafat. Muhammad Risky, selaku Ketua HMP mengatakan "kajian ini dilaksanakan untuk menambah kepahaman  dalam ilmu agama, terutama dalam ilmu tafsir. Kajian ini tidak hanya terbuka bagi mahasiswa Faultas Ushuluddin dan Filsafat, tetapi juga terbuka bagi para mahasiswa dari berbagai fakultas dan universitas, bahkan juga terbuka untuk umum dan gratis".

Dalam acara pembukaan yang dilaksanakan tgl 17 Maret 2017 yang lalu turut hadir Wakil Dekan I bidang Akademik, Maizuddin, M.Ag, juga Ketua Prodi Ilmu Alquran & Tafsir, Dr.Muslem Djuned, M.Ag, beliau mengatakan "kepada seluruh pengurus HMP agar melaksanakan kajian rutin ini terus menerus hingga ke generasi HMP selanjutnya".

Kajian Tafsir Mingguan kali ini diisi oleh Bapak Dr.Salman Abdul Muthalib, Lc., M.Ag, dengan judul "Posisi Hadis Dalam Kehidupan". Dr. Salman menyatakan bahwa Hadis memegang peran penting dalam hidup ini. Hadis menempati posisi penting kedua setelah Alquran. Selain itu, beliau juga menjelaskan bahwa dalam pembahasan hadis, hadis terbagi kepada empat kajian; Kajian Sanad, Kajian Matan, Takhrij Hadis, dan Metode Pemahaman. Kajian ini pun turut diisi pula dengan sesi tanya jawab di akhir oleh pemateri dan para peserta. Lalu kajian pun ditutup pada pukul 11.30 dengan pembacaan doa.

0 Komentar