Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

Nazar: Living is Sharing

Banda Aceh: Hidup ini akan lebih berarti jika kita saling berbagi, termasuk berbagi pengalaman dan pengetahuan. Demikian Nazaruddin mengawali presentasinya dalam Pelatihan Pemanfaatan Teknologi Informasi untuk Media Perkuliahan dihadapan belasan Dosen Program Studi Sosiologi Agama Fakultas Ushuludin dan Filsafat UIN Ar Raniry, Kamis (3/11/2016).

Menurut Nazar yang kini menjabat Kepala ICT UIN Ar Raniry, keahliannya dalam dunia teknologi informasi tidak terlepas dari studinya di Universitas McGill Canada tahun 2007 dulu.  “Ya, dulu saya pernah mengambil subject how to good presentation dan Alhamdulillah waktu itu saya dapat nilai A,” kata Nazar bangga.

“Karena itu saya ingin berbagi disini bagaimana cara membuat presentasi dalam bentuk power point yang menarik agar proses perkuliahan menjadi lebih bermutu,” lanjut Nazar.

Dalam menyiapkan presentasi yang baik, menurut Nazar ada empat hal yang harus dipertimbangkan, yaitu intellectual benefit, technical benefit, emotional  benefit dan spiritual benefit.

“Keempat empatnya harus ada dalam slide power point kita,” katanya sambil memberi contoh pembanding yang telah disiapkan dihadapan peserta pelatihan.

Selain itu, Nazar juga mengingatkan bahwa dalam membuat power point jangan terlalu banyak narasi.

“Kalau sudah banyak diisi narasi kalimat-kalimat bukan power point lagi namanya, dan peserta pasti akan bosan mengikuti presentasi kita,” kata Nazar yang pernah meraih juara dua pustwakan terbaik tingkat nasional.

Nazar juga menyarankan untuk menggunakan foto dan kata kunci dalam power point.

“Kadang-kadang foto lebih banyak dapat menjelaskan, dari pada narasi. Karena itu tidak salah jika kita menggunakan foto yang sesuai dengan topik presentasi kita,” kata Nazar lagi

Pelatihan yang diinisiasi oleh Pengelola Program Studi Sosiologi Agama berlangsung hingga jam 5 sore. Semua peserta yang merupakan dosen Program Studi Sosiologi Agama tidak beranjak dari tempat duduk hingga pelatihan berakhir. Mereka sangat antusias mengikuti pelatihan karena memang sangat dibutuhkan.

“Banyak pengalaman dan pengetahuan baru kami dapatkan dari pelatihan ini. Kami harap pelatihan semacam ini rutin digelar agar kapasitas kami semakin meningkat,” kata Abd Majid selaku dosen senior Program Studi Sosiologi Agama.

Sehat Ihsan Shadiqin selaku Sekretaris Program Studi Sosiologi Agama berjanji akan mengundang kembali Kepala ICT UIN Ar Raniry untuk mengisi pelatihan lainnya.

“Dosen kami sangat haus akan pelatihan, terutama yang berkaitan dengan penguasaan teknologi informasi. Jadi kami harap Pak Nazar siap-siap menerima undangan selanjutnya,” sergah Sehat yang diikuti tepuk tangah meriah para dosen sebagai bentuk apresiasi untuk kepala ICT UIN Ar Raniry yang telah berbagi pengalaman dan ilmunya.[sh]

0 Komentar