Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

Mahasiswa Sosiologi Agama Simulasi Pilkada di KIP Aceh

BANDA ACEH: Mahasiswa Program Studi Sosiologi Agama FUF UIN A-Raniry melakukan simulasi pilkada di Kantor Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Kamis (17/11/2016). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan peluncuran Rumah Pintar Pemilu yang diselenggaran oleh KIP Aceh dalam rangka memberi pendidikan demokrasi kepada masyarakat terutama pemilih pemula seperti mahasiswa.

Hendra Fauzi selaku Komisioner KIP Aceh dalam sambutannya mengatakan bahwa Rumah Pintar Pemilu merupakan museum demokrasi bagi masyarakat. Hendra berharap pelajar dan mahasiswa dapat belajar tentang pemilu dan pilkada melalui museum tersebut.

“Rumah Pintar Pemilu ini semacam museum. Semua informasi dan pengetahuan tentang  pelaksaan pemilu dan pilkada di Aceh ada di sini. Masyarakat boleh datang dan belajar di sini,” kata Hendra.

“Kami sadar bahwa pendidikan demokrasi bagi masyarakat, teruma pemilih pemula seperti adik-adik mahasiswa sangat penting. Makanya kami sediakan ruang seperti ini untuk dikunjungi,”kata komisioner KIP Aceh termuda ini.

Selain menghadiri acara peluncuran Rumah Pintar Pemilu, mahasiswa Program Studi Sosiologi Agama juga berkesempatan melakukan simulasi pilkada di KIP Aceh.  Sebagian mahasiswa berperan sebagai panitia, pemantau dan pengawas. Mereka sangat menikmati peran tersebut secara bergiliran.

“Setelah saya praktekkan, sudah kebayang bagaimana pada saat tanggal 15 Februari 2017 nanti. Sebelumnya gak kebayang kayak mana berada di bilik suara,” kata Alyaa semangat.

Di akhir acara, Ketua KIP Aceh menyerahkan cendera mata yang diterima langsung oleh Ketua Program Studi Sosiologi Agama FUF UIN Ar-Raniry. [sh]

1 Komentar


reja ahmaddreza91@gmail.com | 18-11-2016 06:05:30

Mantap sosiologi agama uin arraniry jaya selalu