Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

Pascasarjana UIN Yudisium 9 Doktor dan 84 Magister

AR-RANIRY| Program Pascasarjana (PPs) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry kembali meluluskan Sembilan orang doktor dan 84 magister (S2) pada semester genap 2016/2017. Pengukuhan gelar bagi doktor tersebut dilaksanakan pada Yudisium Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Rabu (16/8/2017) di Aula lt.3 kampus setempat.

Direktur PPs UIN Ar-Raniry, Prof. Dr. Syahrizal Abbas, MA, kepada lulusan pascasarjana UIN Ar-Raniry mengharapkan agar terus aktif melahirkan karya ilmah-karya ilmiah dan dapat dipublikasi di media massa dan jurnal-jurnal, dengan dipublikasi maka karya akan dikenal publik.

“Kami berharap lulusan UIN Ar-Raniry dapat terus berkembang dalam menulis karya-karya ilmiah, dapat dilakukan hanya fokus pada satu kajian ilmu saja, juga dapat mengembangkan berbagai macam disiplin ilmu lainnya yang terkait,” ujarnya.

Terkait dengan gelar yang telah diperoleh, Prof Syahrizal mengingatkan kepada lulusan UIN ini agar tidak sombong dengan apa yang telah didapatkan selama melanjutkan studi di program pascasarjana UIN Ar-Raniry.

Menurutnya, seseorang yang telah memperoleh ilmu, apalagi ilmu yang dimilikinya jarang atau tidak dimiliki oleh orang lain, maka kecenderungannya dia akan sombong, oleh karena itu, ilmu yang diperoleh ini benar-benar dijaga dengan baik dan dipergunakan untuk kepentingan agama dan umat.

Wakil Direktur bidang akademik, Dr. Salman Abdul Muthallib, Lc, M.Ag, dalam laporannya menyebutkan, semester genap tahun 2017 ini, pascasarjana UIN Ar-Raniry telah menghasilkan 93 alumni baru, terdiri dari Sembilan doktor dan 84 orang magister.

“Yudisium kali ini, dari 9 orang doktor lulus dengan predikat sangat baik, dilihat dari masa studi 7 di antaranya 10 semester ke atas, serta 8 laki-laki dan hanya satu perempuan,” kata Salman.

Lebih lanjut kata Salman, pada program magister dapat dirincikan yang lulus sangat baik mencapai 83 orang atau 98.8 persen, di antaranya 55 laki-laki dan 29 perempuan.

“Dengan bertambahnya 93 alumni pada tahun 2017, maka pascasarjana UIN Ar-Raniry telah melahirkan 1.449 alumni, terdiri dari 1.374 magister dan 75 doktor,” kata Wadir Salman. [Nat]

0 Komentar