Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

PASCASARJANA UIN GELAR WORKSHOP METODE RISET DAN PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM

Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh menggelar Workshop Metode Riset dan Pengembangan Pendidikan Islam, Kamis 5 Oktober 2017 di Ruag Sidang Direktur Lt. 2 Gedung Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Kegiatan workhsop dibuka langsung oleh Direktur Pascasarjana UIN Ar-Raniry Prof. Dr. Syahrizal Abbas, MA.

Workshop metode riset dan pengembangan pendidikan Islam diisi oleh narasumber utama Prof. Dr. Mohd. Zailani Mohd Yusoff dari Pusat Pengkajian Pendidikan dan Bahasa Modern Universiti Utara Malaysia (UUM). Kegiatan ini diikuti oleh tenaga pengajar pendidikan Islam, mahasiswa Program Doktor (S3) dan Program Magister (S2) di lingkungan UIN Ar-Raniry.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman yang luas bagi tenaga pengajar dan mahasiswa Pascasarjana dalam riset dan pengembangan ilmu pendidikan Islam. Workshop ini sangat penting untuk menemukan model dan metode pengembangan ilmu pendidikan Islam,   sekaligus dapat mendesain strategi pembelajaran agama Islam yang tepat bagi masyarakat. Metode riset dan model pembelajaran tidak hanya ditujukan pada lembaga pendidikan formal, tetapi juga lembaga pendidikan non formal dan informal. Demikian ditegaskan Syahrizal dalam kegiatan tersebut.

Kehidupan masyarakat muslim yang berada dalam era transisi dan penuh perubahan akibat sains dan teknologi, memerlukan metode pembelajaran Islam yang tepat. Kita berharap masyarakat muslim yang hidup di era modern, tetap menjadikan Islam sebagai pegangan hidup, memiliki komitmen keislaman tinggi, character dan prilaku islami walaupun penuh tantangan di era global. Kita tidak boleh tercabut dari akar Islam walaupun tantangan modern yang kita hadapi cukup berat. Di sinilah salah satu urgensitas workshop ini diselenggarakan di Pascasarjana UIN, guna memetakan problema pendidikan Islam selama ini dan menyusun model riset bagi pengembangan pendidikan Islam ke depan, demikian penegasan Direktur Pascasarjana Prof. Syahrizal. Syahrizal berharap agar peserta mengikuti dengan seksama kegiatan yang amat bermafaat ini. Hadir juga dalam kesempatan workshop ini adalah Ketua Program Studi Doktor (S3) Pendidikan Agama Islam Dr. Salami Mahmud, MA dan Sekretaris Prodi S3 PAI Dr. Sri Rahmi. MA. (ar)  

1 Komentar


agus resami a agusresamiarbi@gmail.com | 09-10-2017 01:42:58

bisa gk ya klu ambil jurusan ekonomi syariah s2 tpi s1 nya ekonomi pembangunan