Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

PASCASARJANA DAN ICAIOS GELAR SIMPOSIUM NASIONAL

Pascasarjana UIN Ar-Raniry bersama ICAIOS menggelar simposium Nasional tentang identitas, komunitas dan authoritas dalam hubungan antar umat beragama di daerah perbatasan pasca konflik. Simposium dibuka oleh Direktur Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh, dalam sambutanya direktur menegaskan bahwa, Riset tentang relagi antar umat beragama didaerah perbatasan amat penting dipahami, guna memastikan bahwa pelaksanaan Syariat Islam di Aceh memberikan perlindungan terhadap keaneka ragaman agama, etnik dan budaya.

Oleh karena itu realitas masyarakat perbatasan kadang-kadang terjadi ketegangan antar pendatang dan masyarakat setempat. Syariat Islam melalui keragaman dan menghargai perbedaan-perbedaan tersebut, sehingga pelaksanaan islam akan membawa kedamaian dalam keragaman suku, budaya dan tradisi. Demikian ungkap Direktur Pascasarjana UIN Ar-Raniry.

Simpasium tersebut menampilkan tiga hasil penelitian yang disampaikan oleh, Prof. Dr. Arskal Salim (Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kemenag RI), Dr. Mohd Nur Ichwan (UIN Sunan Kalijaga yokyakarta) dan Prof. Dr. Eka Srimulyani (UIN Ar-Raniry Banda Aceh).

Hasil penelitian tersebut dibahas oleh Prof. Dr. A. Hamid Sarong, Prof. Dr. Misri A. Muksin dan Dr. Aslam Nur. Peserta yang hadir terdiri atas akademisi , praktisi, NGO, dan para mahasiswa di lingkungan UIN Ar-Raniry dan Unsyiah. Simposium tersebut berlangsung satu hari diruang siding Direktur Pascasarjana. (Admin Pasca)

 

0 Komentar