Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

Kuliah Umum: Revitalisasi Pendidikan Berwawasan Kebangsaan Melalui Pendidikan Agama Islam

[Pascasarjana UINAR] Prodi Magister Pendidikan Agama Islam (PAI) Pascasarjana UIN Ar-Raniry, pada hari Selasa (9/4/2018) mengadakan kegiatan kuliah umum (Studium Generale). Kegiatan ini merupakan agenda akademik tahunan yang dilaksanakan oleh Prodi Magister PAI dua kali dalam setahun. Pada kuliah umum kali ini, tema yang diangkat adalah mengenai “Revitalisasi Pendidikan Berwawasan Kebangsaan Melalui Pendidikan Agama Islam” dengan narasumber yang didatangkan dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,Dr. Abdul Rozak, M.Si. Kuliah umum ini dihadiri oleh lebih kurang seratus peserta, terdiri dari mahasiswa dan dosen di lingkungan UIN Ar-Raniry serta beberapa perwakilan dari sekolah-sekolah Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Studium Generale ini dibuka oleh Prof. Dr. Syahrizal Abbas, MA selaku Direktur Pascasarjana UIN Ar-Raniry. Pada pembukaan kegiatan tersebut, Direktur Pascasarjana Prof. Syahrizal menyampaikan bahwa penggalian ide-ide melalui diskusi ilmiah sangat dibutuhkan untuk menyempurnakan konsep pendidikan kebangsaan dewasa ini yang masih sangat jauh dari konsep pendidikan yang sesuai dengan nilai-nilai keislaman. 

Dr. Abdul Rozak, M.Si dalam kuliah umumnya menyampaikan bahwa guru PAI memiliki tugas besar dalam menjalankan visi dan misi Kementerian Agama untuk membangun pendidikan keagamaan yang berlandaskan wawasan kebangsaan. Beliau juga menyampaikan bahwa guru PAI juga harus mampu menjadi teladan dan mempunyai kepercayaan diri yang tinggi sehingga mampu membangun critical of thinking peserta didik. Guru Pendidikan Agama Islam juga harus mampu beradaptasi dengan zaman dan dibekali dengan digital pedagogik, jangan hanya bertumpu pada pendidikan konvensional saja. (NC/IR)

 

 

0 Komentar