Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

WORKSHOP PENGEMBANGAN KURIKULUM PRODI S2 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERDASARKAN KKNI

[Pascasarjana UINAR] Prodi S2 Pendidikan Agama Islam pada hari Rabu (11/04/2018) mengadakan kegiata “Workshop Pengembangan Kurikulum Prodi S2 Pendidikan Agama Islam Berdasarkan KKNI” yang dihadiri oleh para dosen Pascasarjana UIN Ar-Raniry, perwakilan dari Kanwil Kemenag Aceh, Dinas Pendidikan Provinsi Aceh serta beberapa perwakilan dari beberapa sekolah di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Pada pembukaan acara tersebut Direktur Pascasarjana, Prof. Dr. Syahrizal Abbas, MA memaparkan bahwa program studi Magister PAI Pascasarjana UINAR harus mampu berkompetisi pada tingkat nasional maupun Internasional. Diharapkan alumni Magister PAI dapat mencapai kompetensi yang memuaskan, sehingga mereka mampu berkompetisi dengan para pendidik dari sekolah-sekolah yang berstandar Internasional. Maka sangat dikehendaki adanya perubahan pada pengelolaan program studi, terutama pada pengembangan kurikulum agar dapat menghasilkan lulusan yang sesuai dengan harapan.

Dr. Abdul Rozak, M. Si, dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta selaku narasumber menyarankan agar Prodi Magister PAI harus membuat suatu karakteristik lulusan. Salah satu karakteristk lulusan misalnya berupa kemampuan dalam teknologi informasi. Karakteristk lulusan magister PAI juga dapat ditonjolkan dengan kemampuan alumni dalam dunia tulis-menulis, termasuk menulis di dunia maya (blog,website, jurnal) sehingga tulisan-tulisan alumni yang beredar didunia maya kental dengan nuansa akademik. Lulusan PAI juga dapat dibentuk untuk dapat memahami literasi data dan teknologi literasi. Narasumber juga menyampaikan bahwa guru PAI dituntut harus mampu menyampaikan materi dengan menarik agar keberadaan guru PAI dapat diperhitungkan disekolah-sekolah. Selain itu kurikulum KKNI yang disusun harus kompatibel, maka kurikulum tersebut harus memuat konten-konten keilmuan dengan karakter yang berbeda, sehingga lulusan Magister PAI sanggup menjadi agen perubahan dalam dunia pendidikan.

Dr. Abdul Rozak, M. Si juga menambahkan, bahwa guru PAI harus mampu menguasai metode e-learning dalam proses belajar mengajar agar dapat menjalankan pembelajaran dengan maksimal. Maka kemampuan mengakses teknologi informasi merupakan hal yang perlu dipertimbangan dalam proses penyusunan kurikulum. Pada kesempatan yang sama narasumber juga memapaparkan bahwa profil lulusan harus jelas, perumusan profil menjadi penting, karena setiap alumni PAI diharapkan memiliki ketrampilan-ketrampilan khusus yang menjadi ciri khas dan keunggulan tersendiri, sehingga program studi Magister PAI Pascasarjana UINAR Banda Aceh menjadi pilihan utama bagi para calon mahasiswa Magister, khususnya di Aceh. (NC/IR)

0 Komentar