Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

Eksistensi Nilai- Nilai Ilahiah Dalam Fisika SMA di Aceh

Pascasarjana UIN Ar-Raniry Banda Aceh telah meluluskan Nur’aini Muhammad (23111155-3) sebagai Doktor ke 39 Pascasarjana UIN Ar-Raniry dalam sidang terbuka Promosi Doktor pada hari Selasa (27/9/16), Beliau mempertahankan Disertasi yang berjudul “Eksistensi Nilai-nilai Ilahiah dalam Fisika SMA di Aceh”. Nur’aini Muhammad merupakan seorang guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Banda Aceh dan Dayah terpadu Inshafuddin Banda Aceh. Beliau lulus sebagai Doktor Program Studi Pendidikan Agama Islam di Pascasarjana UIN Ar-Raniry dengan nilai kelulusan sangat memuaskan.

Pada Sidang Terbuka tersebut Nur’aini Muhammad Mempertahankan disertasinya yang berjudul “Eksistensi Nilai-nilai Ilahiah dalam Fisika SMA di Aceh” sebagai berikut :

   Filsafat Barat beranggapan bahwa alam semesta tidak ada hubungan sama sekali dengan metafisik, alam semesta terjadi dengan sendirinya tidak ada campur tangan Tuhan, bahkan tidak ada yang menciptakan. Padahal alam semesta merupakan bukti fisik keberadaan Allah swt sebagai Maha Pencipta. Nur’aini melakukan penelitian bertujuan untuk mendekripsikan: (1) nilai-nilai keberadaan ilahiah dalam fisika SMA, (2) nilai-nilai kemahakuasaan ilahiah dalam fisika SMA, dan (3) nilai-nilai kesempurnaan ilahiah dalam fisika SMA.

   Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) wawancara, (2) observasi, dan (3) studi dokumentasi. Sedangkan respondennya ditetapkan guru fisika pada 8 SMA di Aceh dan para stakeholder pendidikan Aceh.

Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) Allah Yang Maha Pencipta dalam menunjukkan keberadaan-Nya, Dia telah menciptakan planet-planet di alam semesta masing-masing beredar pada garis edarnya. Matahari, bulan, bintang-bintang, bumi dan langit. Allah Yang Maha Pencipta dalam menunjukkan keberadaan-Nya, Dia telah menciptakan energi di alam semesta, di antaranya matahari, bulan, bintang-bintang, angin, mineral, bunyi, gerak dan air (2) Allah Yang Maha Kuasa mampu mentakdirkan masing-masing planet seperti matahari, bulan, bintang-bintang, langit dan bumi beredar pada orbitnya masing-masing. Dan Allah Yang Maha Kuasa mampu mentakdirkan gaya gravitasi bumi, agar dengannya kelangsungan hidup makhluk di bumi dapat terwujud. Allah Yang Maha Kuasa mampu mentakdirkan berbagai energi, matahari, bulan, bintang-bintang, angin, mineral, bunyi, gerak, dan air untuk keperluan manusia (3) Allah Yang Ahad telah menciptakan makhluk berpasang-pasangan. Matahari dan bulan, malam dan siang, langit dan bumi, jantan dan betina, benang sari dan kepala putik, lelaki dan perempuan, suami dan isteri, mukmin dan kafir masing-masing memiliki karateristiknya. Allah Yang Ahah telah menciptakan berbagai energi dan satu energi mampu memberi energi kepada yang lainnya, matahari kepada bulan, langit kepada bumi, malam kepada siang. Adapun bintang-bintang sebagai penghias dan pengaman langit. Sedangkan angin, mineral, bunyi, gerak dan air untuk menghidupkan makhluk, bukan untuk mematikan mereka. Guru fisika SMA berkomitmen menciptakan proses pembelajaran Islami di sekolahnya masing-masing. Mereka telah berupaya menyampaikan kepada siswa sesuai dengan kemampuan mereka bahwa Allah Yang Maha Pencipta, Maha Kuasa dan Maha Sempurna telah menciptakan dan mentakdirkan masing-masing planet beredar pada garis edarnya secara linier. Walaupun guru fisika SMA belum merancang dalam perencanaan pelaksanaan pembelajaran secara sistematis, namun mereka telah menyampaikan ketiga nilai-nilai eksistensi ilahiah dalam proses pembelajaran. Ide ini merupakan sebuah konsep fisika Islami SMA.

 

 

 

 

0 Komentar