Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

Remedial, Penasehat Akademik dan Pembimbing


KETENTUAN REMEDIAL DAN PENGUATAN BAHASA
1. Remedial
 
Kepada mahasiswa yang memilih Program Studi berbeda dengan bidang ilmu asal (S1/S2) akan diberikan kuliah remedial yang jumlah dan kreditnya ditentukan oleh pimpinan Pascasarjana.
 
2. Penguatan Bahasa Asing
 
Nilai ujian Bahasa Inggris dan Bahasa Arab dalam bentuk TOEFL atau TOAFL bagi mahasiswa S3 minimal 475 (paper based). Nilai/sertifikat kelulusan tersebut diserahkan kepada Pascasarjana pada saat pendaftaran ujian munaqasyah tertutup. Apabila setelah mengikuti dua kali ujian nilai di atas tidak tercapai berdasarkan sertifikat, promovendus diwajibkan mengikuti ujian bahasa dalam bentuk  Reading  Comprehension  (Bahasa Arab dan Bahasa Inggris) yang diadakan oleh Pascasarjana UIN Ar-Raniry.
 
PENASEHAT AKADEMIK
 
Penasehat akademik adalah tenaga edukatif pada Pascasarjana UIN Ar-Raniry yang ditunjuk oleh direktur melalui wakil direktur yang bertugas antara lain:
  1. Memperkenalkan kepada mahasiswa tentang seluk beluk program perkuliahan pada Pascasarjana UIN Ar-Raniry,
  2. Mengarahkan dan membantu mahasiswa dalam meningkatkan prestasi akademis mahasiswa, serta membimbing awal proposal tesis,
  3. Mengarahkan pemilihan konsentrasi dan menyetujui pengisian  KRS,    serta    memberi    pertimbangan pengambilan non aktif (cuti kuliah) mahasiswa.
  4. Membantu  mahasiswa  dalam  menentukan  topik penelitian dan penulisan awal tesis atau disertasi.
  5. Menjadi wakil pihak Pascasarjana dalam menampung dan menanggulangi berbagai persoalan akademik yang dihadapi mahasiswa.
 
PEMBIMBING TESIS 
Penyusunan tesis memerlukan bimbingan dan arahan dari tim pembimbing. Pembimbing penyusunan tesis terdiri dari dua orang dosen, yang ditetapkan dengan Surat  Keputusan  Direktur  Pascasarjana  (Pascasarjana) UIN Ar-Raniry. Mereka adalah dosen Pascasarjana UIN
Ar-Raniry yang memenuhi syarat sebagai berikut:
  1. Minimal berijazah Doktor (S3).
  2. Memiliki keahlian yang relevan dengan topik tesis mahasiswa yang bersangkutan.
  3. Menyatakan    secara    tertulis    kesediaan membimbing penyusunan tesis mahasiswa yang bersangkutan.
Tanggung jawab pembimbing yang satu dengan yang lain pada prinsipnya sama dalam proses bimbingan. Mahasiswa wajib berusaha dalam setiap tahapan penyusunan   tesis,   meminta   masukan,   pertimbangan dan persetujuan kepada semua anggota pembimbing terhadap isi dan substansi karya ilmiah yang dihasilkan (tesis).
 
TIM PROMOTOR DISERTASI
 
Mahasiswa dalam menulis disertasi didampingi oleh tim pembimbing. Bimbingan tersebut dimulai sejak penyiapan proposal untuk seminar proposal, penelitian dan penulisan disertasi, seminar hasil, dan seterusnya sampai ujian disertasi terbuka (promosi). Pembimbing disertasi minimal terdiri dari satu orang promotor sebagai pembimbing utama dan minimal satu orang kopromotor sebagai pembimbing pendamping. Tim pembimbing ini ditetapkan dengan Surat Keputusan Direktur Pascasarjana UIN Ar-Raniry.
 
Promotor        sebagai        pembimbing        utama berkualifikasi sebagai berikut:
  1. Berijazah doktor (S3) dan menduduki jabatan akademik Guru Besar.
  2. Dosen Pascasarjana UIN Ar-Raniry yang memiliki     keahlian    relevan    dengan    topik disertasi yang bersangkutan.
  3. Guru  besar  yang  berbeda  keahlian  dengan judul disertasi, dapat ditetapkan sebagai Kopromotor.
  4. Menyatakan    secara    tertulis    kesediaan membimbing penyusun disertasi mahasiswa yang bersangkutan.
 
Kopromotor   sebagai   pembimbing   pendamping berkualifikasi sebagai berikut:
  1. Berijazah doktor (S3)
  2. Memiliki keahlian yang relevan dengan topik disertasi
  3. Menyatakan  secara  tertulis  kesediaannya untuk bekerja sama dengan promotor dalam membimbing disertasi.
Tanggung jawab tim pembimbing yang satu dengan yang lain pada prinsipnya adalah sama besar. Mahasiswa wajib berusaha dalam setiap langkah atau tahapan penyusunan disertasi meminta pertimbangan dan persetujuan kepada semua anggota tim pembimbing

(Atn)