Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

Tesis dan Disertasi


A.  Konsultasi dan Penyusunan Proposal
Penyusunan proposal tesis dan disertasi dilakukan secara   terbimbing.   Artinya,   proposal   yang   diajukan ke Pascasarjana untuk diseminarkan telah mendapat persetujuan dari seorang dosen, sebagai bukti bahwa proposal tersebut telah mendapat bimbingan. Mahasiswa dalam hal ini, dapat berkonsultasi dengan Penasehat Akademiknya atau dosen lain di lingkungan Pascasarjana UIN Ar-Raniry.
 
B.  Permohonan Sidang Proposal Tesis dan Disertasi
Proposal yang telah mendapat pengesahan dari Penasehat  Akademik  (PA)  atau  dosen  di  lingkungan UIN Ar-Raniry dapat diajukan ke Pascasarjana untuk diseminarkan.    Mahasiswa,    untuk    itu,    mengajukan surat permohonan sidang proposal ke Pascasarjana. Proposal turut dilampirkan dalam permohonan tersebut. Jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu jumlah dosen penguji proposal tesis/disertasi dan arsip. Mahasiswa, dalam hal ini, berkonsultasi dengan pihak akademik Pascasarjana UIN Ar-Raniry.
 
Mahasiswa yang mengajukan judul atau proposal penelitian tesis/disertasi harus memenuhi persyaratan administrasi dan akademik sebagai berikut:
1.   Terdaftar sebagai mahasiswa Pascasarjana UIN Ar- Raniry yang dibuktikan dengan bukti pembayaran SPP pada semester yang bersangkutan.
2.   Telah berada pada awal semester tiga atau telah selesai semester dua.
3.   Telah lulus mata kuliah Metodologi Penelitian
 
C.   Seminar  Proposal  dan  Penetapan  Pembimbing/ Tim Promotor
Seminar proposal akan dilaksanakan pada jadwal khusus. Jadwal tersebut ditentukan oleh akademik Pascasarjana UIN Ar-Raniry. Pascasarjana UIN Ar-Raniry akan  melaksanakan  Seminar    proposal  sebanyak  dua kali persemester, atau disesuaikan dengan kebutuhan. Seminar   proposal dilakukan oleh tim penguji proposal. Tim tersebut merupakan dosen Pascasarjana UIN Ar- Raniry, dengan komposisi tim penguji terdiri dari ketua dan anggota penguji. Seminar  proposal dilakukan secara perseorangan. Artinya, tim penguji tidak menguji proposal secara panel.
 
Setelah      Seminar             proposal,      mahasiswa harus menyempurnakan proposalnya dengan mempertimbangkan saran-saran dan masukan-masukan tim penguji proposal. Selanjutnya, Pascasarjana UIN Ar- Raniry menetapkan tim pembimbing/tim promotor bagi mahasiswa yang bersangkutan. Penetapan pembimbing dilakukan setelah mahasiswa memperbaiki proposalnya dan mendapat pengesahan dari dosen penguji yang ditunjuk. Tim pembimbing/tim promotor ditetapkan dengan Surat Keputusan Direktur Pascasarjana UIN Ar- Raniry. Jumlah tim pembimbing/promotor terdiri dari minimal dua orang. Mereka adalah dosen Pascasarjana UIN Ar-Raniry atau di antaranya merupakan dosen di luar
 
D.  Permohonan Izin Pelaksanaan Penelitian
Mahasiswa yang melakukan penelitian lapangan perlu dilengkapi dengan surat izin pelaksanaan penelitian. Surat tersebut dikeluarkan oleh Pascasarjana UIN Ar- Raniry. Isinya menjelaskan bahwa mahasiswa yang bersangkutan akan melakukan penelitian untuk tesis atau disertasi. Selain itu, surat tersebut juga berisi permohonan kesediaan narasumber atau lembaga-lembaga yang dibutuhkan informasinya untuk memberikan data terkait dengan topik penelitian tersebut. Isi surat tersebut dapat pula berisi hal-hal lain terkait pelaksanaan penelitian. Mahasiswa, untuk memperoleh surat izin pelaksanaan penelitian tersebut, dapat mengajukan permohonan kepada Direktur Pascasarjana UIN Ar-Raniry melalui bagian akademik.
 
E.   Seminar Hasil Penelitian Tesis dan Disertasi
Mahasiswa yang sedang melakukan penelitian harus melaporkan data hasil penelitiannya. Laporan tersebut disampaikan dalam sebuah seminar, yaitu seminar laporan data hasil penelitian. Ujian dilaksanakan setelah mahasiswa mendapatkan data penelitiannya. Untuk itu, mahasiswa   menyampaikan   kepada   Pascasarjana   UIN Ar-Raniry melalui Program Studi masing-masing untuk melaksanakan ujian ini. Ujian ini dihadiri oleh tim penguji dan mahasiswa Pascasarjana yang sedang melaksanakan penelitian. Tim penguji terdiri dari ketua, sekretaris, dan dua orang penguji. Mahasiswa yang sedang melakukan penelitian harus menyampaikan data hasil penelitiannya paling  lambat  enam  bulan  untuk  mahasiswa  S2,  dan 12 bulan untuk mahasiswa S3 setelah SK penetapan pembimbing/promotor disahkan. Apabila dalam waktu tersebut belum dilakukan ujian, Pascasarjana UIN Ar- Raniry melalui ketua program studi harus melakukan evaluasi terhadap mahasiswa yang bersangkutan.
 
Format laporan untuk seminar hasil penelitian ini adalah memuat:
1. Cover
2. Persetujuan Pembimbing/Promotor
3. Bab I
4. Bab II Berupa Landasan Teori
5. Bab III Metode Penelitian
6. Bab IV Data Hasil Penelitian.
 
F.   Sidang Munaqasyah Tesis dan Disertasi
Setiap tesis dan disertasi harus diuji dalam ujian tesis dan disertasi yang diadakan khusus untuk itu. Mahasiswa yang telah selesai menulis tesis dan disertasi harus mendaftarkan tesis atau disertasi ke Pascasarjana UIN Ar-Raniry untuk mengikuti ujian tersebut. Adapun persyaratannya adalah:
1. Menyelesaikan penulisan naskah tesis/disertasi dan mendapatkan persetujuan dari para pembimbing.
2. Kesalahan teknis, termasuk di dalamnya kesalahan pengetikan, tidak lebih dari 10% berdasarkan jumlah halaman.
3. Penetapan  dewan  penguji  tesis/disertasi  melalui surat keputusan Direktur Pascasarjana UIN Ar- Raniry Banda Aceh.
4. Dewan penguji tesis terdiri atas ketua, sekretaris, dan empat orang penguji. Pembimbing tesis secara otomatis bertindak sebagai penguji.
5. Dewan penguji disertasi tertutup terdiri atas ketua, sekretaris, dan lima orang penguji. Salah seorang anggota   penguji   dapat   ditunjukkan   dosen   dari luar UIN Ar-Raniry. Pembimbing disertasi secara otomatis bertindak sebagai penguji. Direktur Pascasarjana UIN Ar-Raniry secara otomatis bertindak sebagai ketua.
6. Dewan penguji disertasi terbuka terdiri atas ketua, sekretaris, dan enam orang penguji. Salah seorang anggota penguji adalah dosen dari luar UIN Ar- Raniry. Pembimbing disertasi secara otomatis bertindak sebagai penguji. Rektor UIN Ar-Raniry secara otomatis bertindak sebagai ketua.
 
Mahasiswa, selain syarat di atas, harus juga memenuhi persyaratan administrasi dan akademik. Persyaratan tersebut dapat dilihat dalam buku Panduan Penulisan Tesis dan Disertasi Pascasarjana UIN Ar-Raniry.‚Äč