Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

Profil


Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry mulai menerima mahasiswa baru sejak semester ganjil tahun akademik 2014/2015. Jajaran pimpinan Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry untuk pertama kali, sebagaimana disebutkan di bawah ini yaitu:

          Dekan                               : Dr. Kusmawati Hatta, M.Pd. (2015 s/d juli 2016)

          Dekan                               : Prof. Eka Srimulyani, S.Ag.,MA., Ph.D (Juli 2016 s/d sekarang)

          Wakil Dekan I                   : Dr. Muhammad Nasir, M.Hum

          Wakil Dekan II                  : Dr. Fakhri Yacob, M.Ed

          Wakil Dekan III                 : Dr. Nurdin Bakri, M.Ag

          Ketua Prodi Psikologi         : Julianto, S.Ag.,M.Si

          Sekretaris Prodi               : Miftahul Jannah, S.Ag., M.Si

          Ketua Laboratorium          : Jasmadi, S.Psi.,MA.Psikolog

 

          Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry mulai tanggal 26 Juli 2016 terjadi peralihan pimpinan (dekan) dari Dr. Kusmawati Hatta, M.Pd. ke Prof. Eka Srimulyani, S.Ag.,MA., Ph.D, sedangkan pimpinan lainnya (wakil dekan) tetap, seperti telah disebutkan di atas.

Program Studi Psikologi adalah satu dari 12 program studi baru yang izin penyelenggaraannya dikeluarkan oleh Dikti dengan nomor SK 07/E/0/2014 tanggal 22 April 2014, dan oleh DIKTIS Kemenag dengan Surat Keputusan nomor 3896 tahun 2014 tanggal 11 Juli 2014, sebagai salah satu program studi umum dalam rangka perubahan IAIN menjadi UIN Ar-Raniry. Fakultas Psikologi lahir berdasarkan rapat senat UIN Ar-Raniry yang dituangkan menjadi keputusan Rektor bersamaan dengan tiga Fakultas baru lainnya sebagai tuntutan perubahan IAIN menjadi UIN Ar-Raniry, yaitu Fakultas Sain dan Teknologi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI), dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Pemerintahan (FISIP).

Kehadiran Program Studi Psikologi pada Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry mempunyai sejarah yang panjang. Ide awal pendirian prodi psikologi seiring dengan ide pendirian UIN oleh Alm. Prof. Dr. Safwan Idris, MA saat beliau menjabat sebagai Rektor IAIN Ar-Raniry tahun 1997. Dalam merealisasikan ide tersebut, beliau mengirimkan 3 mahasiswa IAIN Ar-raniry untuk mengikuti kuliah S1 di Prodi Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta. Selain itu, Rektor saat itu juga mengizinkan dan mendorong dosen IAIN Ar-Raniry agar ada yang melanjutkan kuliah S2 mereka ke Magister Psikologi.  Kemudian, ide pendirian UIN dilanjutkan oleh Prof. Dr. Farid Wajidi Ibrahim, MA, salah satunya, dengan mendirikan prodi Psikologi, sebagaimana disebutkan pada SK Dikti dan Diktis di atas.

Keberadaan Program Studi Psikologi di UIN Ar-Raniry di propinsi Aceh dipandang penting, di samping keberadaan Prodi yang sama di perguruan tinggi umum lain yang terlebih dahulu eksis. Seperti prodi Psikologi di Unsyiah, STIP Harapan Bangsa, Prodi Psikologi Universitas U’budiah, dan Fakultas Psikologi Unmuha Aceh. Keberadaan Program Studi Psikologi di UIN Ar-Raniry sebagai universitas yang memfokuskan pengintegrasian ilmu-ilmu ke dalam kajian keislaman, di sinilah pentingnya eksistensi prodi psikologi di UIN Ar-Raniry.

Kehadiran Fakultas Psikologi UIN Ar-Raniry, juga telah mendapatkan pengakuan dari AP2TPI (Asosiasi Penyelenggara Pendidikan Tinggi Psikologi Indonesia) menjadi salah satu anggota asosiasi tersebut,  sejak April 2015 sampai dengan  April 2019. Prodi  Psikologi UIN Ar-Raniry ikut pertama kali dalam kolokium Psikologi yang ke XXV di Makassar Sulawesi Selatan pada bulan April 2015,. Kemudian pada tahun 2016 kembali Prodi Psikologi UIN Ar-Raniry ikut kolokium yang ke XXVI di Yogyakarta. Pada tahun 2016, Prodi Psikologi UIN Ar-Raniry juga ikut dalam konsorsium psikologi PTKIN di Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung.