Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

Sambutan Dekan Fakultas Syariah dan Hukum

Kehadiran website ini, merupakan salah satu kebanggaan bagi saya karena dengan aktifnya website ini Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry akan semakin dikenal.

Dalam beberapa penggalan sejarah Fakultas Syariah dan Hukum, tentu saja kita akan digiring pada situasi dimana sejarah awal fakultas ini berdiri dan jaringan para pendirinya yaitu mulai dari Yogyakarta hingga ke Banda Aceh. Sosok seperti Prof. Tgk. Hasbi Ash-Shiddieqy telah menjadi jembatan intelektual, tidak hanya bagi pengembangan awal Fakultas Syariah, tetapi juga pembaharuan pemikiran hukum Islam di Indonesia. Karena itu, Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry telah memberikan peran yang cukup signifikan terhadap dunia intelektual Islam di Indonesia.

Tentu saja, selama setengah abad tersebut, Fakultas Syariah dan Hukum telah menghasilkan ribuan sarjana hukum Islam, sesuai dengan perkembangan zaman. Di Aceh sendiri, para alumni Fakultas ini telah berkiprah dalam pembangunan umat Islam dengan berbagai profesi. Peran mereka tidak hanya melalui jalur pemerintahan, tetapi juga melalui jalur swasta. Bahkan tidak hanya disitu, Fakultas ini bisa berkomunikasi aktif dengan lembaga-lembaga pendidikan tradisional maupun modern di Aceh dalam rangka merespon persoalan kekinian yang dihadapi oleh umat Islam. Karena itu, peran sentral Fakultas Syariah dan Hukum telah mampu membangun pendidikan hukum Islam di Aceh. Hal ini dibuktikan dengan peran alumni dan tingkat keaktifan civitas akademika dalam menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Fakultas Syariah merupakan fakultas pertama yang menjadi awal dari sejarah pendirian IAIN Ar-Raniry pada tahun 1960, dan telah meluluskan ribuan alumni yang tersebar di seluruh Indonesia dengan karya yang nyata bagi pembangunan bangsa. Dalam usianya kini, tentunya Fakultas Syariah dan Hukum telah mencapai tahap kematangan sebagai institusi akademik tempat pembentukan sarjana-sarjana hukum Islam yang memiliki daya saing tinggi. Dengan sederet prestasi yang telah diukir dalam perjalanan sejarahnya, sudah tidak diragukan lagi bahwa jurusan ini menjadi produsen ahli hukum Islam dan intelektual pemimpin bangsa. Dosen, karyawan, mahasiswa bersama-sama dengan alumninya telah memberikan yang terbaik baik bagi Fakultas Syariah dan Hukum; seperti batu mulia semakin digosok akan semakin berkilau.

Dalam rangka pelaksanaan syariat Islam secara kaffah di Aceh kiranya Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry menjadi lokomotif dalam menghasilkan sarjana-sarjana hukum Islam yang mampu mengisi kebutuhan intelektual atau pemikir. Sarjana-sarjana yang mampu mengejewantahkan ilmunya untuk kemashlahatan masyarakat di Aceh dan Indonesia secara umum.

Website ini akan memerikan informasi lebih lengkap tentang Fakultas Syariah dan Hukum dalam pengembangan studi hukum Islam serta fungsinya dalam masyarakat Aceh. Informasi lebih lanjut tentang Fakultas Syariah dan Hukum akan kami jelaskan dalam lembar-lembar berikut. Kami senang bisa bertemu dengan Anda di kampus kami.