Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

Opini Direktur

Program Pascasarjana (PPs) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh mengevaluasi program akademik, kegiatan ini dilakukan secara rutin oleh pimpinan PPs Ar-Raniry. Hal terkait dengan program akademik yang dievaluasi diantaranya terkait dengan pelaksanaan kuliah, akreditasi kampus dan pelayanan akademik.

Direktur PPs UIN Ar-Raniry, Prof. Dr. Rusjdi Ali Muhammad, SH disela-sela rapat evaluasi Jum'at (31/7/2015) mengatakan, evaluasi yang digelar secata rutin ini dilaksanakan untuk mengevaluasi hal-hal terkait dengan pelaksanaan akademik pada Program Pascasarjana dalam hal peningkatan mutu.

Dalam arahannya, Rusjdi menyampaikan terkait adanya aturan baru tentang penambahan jumlah SKS di Pascasarjana menjadi 72 sks dan mahasiswa diwajibkan menulis artikel ilmiah untuk dipublikasikan dalam jurnal yang terstandarisasi.

“ Untuk itu Pasca harus memiliki jurnal yang aktif dan mampu menampung artikel-artikel dari mahasiswa, karena artikel tersebut juga menjadi salah satu syarat penyelesaian studi,” tagasnya.

Disamping itu, pimpinan juga mengevaluasi perkembangan akreditasi prodi PAI pada jenjang doktoral (S3). Rusjdi meminta pihak prodi harus mempersiapkan segala hal sesuai dengan pedoman penyusuan borang akreditasi. Diharapkan ke depan data-data yang diminta oleh BAN PT harus dipersiapkan sejak dini, sehingga dengan demikian proses penyusunan borang akan lebih mudah.

Sementara itu Wakil Direktur, Dr. Salman Abdul Muthalib dalam arahannya juga menyampaikan laporan tentang testing calon mahasiswa baru tahun akademik 2015/2016. Testing untuk calon mahsiswa S2 dan S3 sudah dilaksanakan pada tgl 23 s.d 24 dan tanggal 27 s.d 28 juli 2015. Jumlah calon mahasiswa S2 tahun ini sebanyak 192 orang.

Disebutkan, jumlah ini tersebar pada semua konsentrasi yang ada, yaitu konsentrasi Fiqh Modern, Pendidikan Agama Islam, Pemikiran dalam Islam, Ilmu Dakwah, Sejarah, Pendidikan Bahasa Arab dan konsentrasi Ekonomi Islam. Sedangkan untuk jenjang S3 PAI, jumlah calon mahasiswa yang mendaftar berjumlah 22 orang dan S3 Fiqh sebanyak 6 orang. “Pengumuman hasil testing direncanakan akan diumumkan pada tanggal 10 Agustus 2015”, tambah Salman.

Pada kesempatan yang sama, juga dibahas beberapa kendala yang dihadapi oleh tim Akreditasi Program Doktoral Pendidikan Islam yang disampaikan oleh Dr. Buhori Muslim dan pengelola Jurnal Ilmiah Islam Futura yang disampaikan oleh Anton Widyanto.