Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

Rektor

AR-RANIRY| Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry mengingatkan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) khususnya di Lingkungan UIN Ar-Raniry agar tidak main-main dengan ucapan sumpah, karena sumpah adalah suatu pengakuan tulus yang harus dipertanggungjawabkan, bukan saja kepada bangsa, negara, tapi juga kepada Allah Swt.

Hal itu disampaikan Rektor Prof. Dr. H. Farid Wajdi Ibrahim, MA dalam amanatnya pada acara sumpah PNS di Lingkungan UIN Ar-Raniry tahun 2016, Selasa (21/6/2016) di Auditorium Prof Ali Hasjmy Darussalam Banda Aceh.

Kepada yang baru disumpah, Rektor mamastikan agar dapat memahami dan mengamalkan sumpah tersebut, karena apa bila tidak melaksanakan dengan baik maka sumpah tersebut akan mengejar dan memakan tubuh kita. Jika dalam ucapan sumpah tersebut ada PNS yang tidak menghayati maka disarankan mengambil kopiannya untuk dipelajari, karena sumpah itu melekat sampai pensiun dan berlaku untuk semua.

“Banyak sekali kejadian yang dapat dilihat dari orang-orang yang melanggar sumpah, di mana sebelum meninggal dia akan mengalami sakit hingga menghabiskan banyak uang yang didapat dengan pekerjaan yang dilanggar sumpah tersebut. Ini sebagiannya, yakinlah bahwa yang melanggar sumpah maka akan mengalaminya sebelum ajal menjemput,” ujarnya.

Rektor menambahkan, setiap sumpah yang diucapkan memiliki konsekwensi, khususnya yang terangkum dalam teks sumpah yang diucapkan, misalnya menjalankan tugas sebagai amanah. Untuk mencapai target kinerja sebagaimana diharapkan, maka tentu dengan cara meningkatkan kualitas dan bekerja dengan baik dan serius.

Diingatkan, dalam meraih suatu karir nantinya ada yang lebih cepat dan banyak juga yang terus tertinggal. Oleh karena itu mengevaluasi sejak dini untuk peningkatan diri, baik kemampuan, keterampilan, kemauan dan profesionalisme. Selain kecerdasan intelektual, juga harus ada kecerdasan sosial yaitu bagaimana berbagi rasa dan saling menolong satu sama lain.

Dalam kesempatan itu, Rektor juga mengajak kepada seluruh civitas akademika UIN Ar-Raniry untuk menjaga citra baik kampus ini baik dari segi penampilan, pakaian serta tutur kata yang baik dan sopan. Semoga ke depan ada perbaikan untuk kita semua.

Sebelumnya, Kepala Bagian Organisasi dan Kepegawaian UIN Ar-Raniry Drs. Subki Djuned menyebutkan, jumlah PNS UIN Ar-Raniry yang disumpah tahun 2016 ini sebanyak 65 orang, terdiri dari 57 dosen dan 8 tenaga administrasi yang ditempatkan di beberapa unit kerja di Lingkungan kampus UIN Ar-Raniry.

“PNS yang diambil sumpah berjumlah 65, masing-masing 8 orang di Fakultas Syariah dan Hukum, 4 orang Adab Humaniora, 6 orang Tarbiyah dan Keguruan, 2 orang di Ushuluddin dan Filsafat, 35 di Sains dan Teknologi, 4 di Ekonomi dan Bisnis Islam, dan 1 orang di Psikologi dan Fisip, serta 4 orang di Biro Rektor,” ujarnya.

Subki menambahkan, pelantikan tersebut disaksikan oleh kepala Biro AUAK Drs. Junaidi dan Warek III Dr. H. Syamsul Rijal, M.Ag, dan dihadiri oleh para wakil rektor, dekan-dekan, para wakil dekan serta kepala bagian dan kepala pusat yang ada di Lingkungan UIN Ar-Raniry. [Nat]