Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah


PROFIL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY BANDA ACEH

TERAKREDITASI BAN-PT

Nomor: 2525/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2016

DENGAN PERINGKAT "A"

Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Jl. Syeikh Abdur Rauf Kopelma Darussalam, Banda Aceh

Email: ftk.prodipgmi@ar-raniry.ac.id


 

PROFIL

Program Studi (Prodi) Strata Satu (S1) Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) didirikan pada tanggal 10 Juli 2007 dengan SK Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Nomor: Dj.I/257/2007. Prodi ini berada di bawah naungan/koordinasi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh.

 

VISI

Menjadi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang unggul di Indonesia pada tahun 2025, dengan menghasilkan guru Madrasah Ibtidaiyah yang profesional, inovatif dan berakhlaqul karimah.

 

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas untuk mempersiapkan guru Madrasah Ibtidaiyah yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional pada tahun 2025;
  2. Menyediakan kurikulum yang sesuai dengan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) berlandaskan Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI);
  3. Melaksanakan pelatihan pengembangan pembelajaran dan penggunaan media pembelajaran bagi dosen dan mahasiswa;
  4. Mengembangkan tradisi keilmuan melalui studium general, workshop dan seminar;
  5. Melaksanakan penelitian bersama (dosen dan mahasiswa) dalam bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang berbasis teknologi pendidikan;
  6. Melaksanakan pelatihan soft skill untuk dosen dan mahasiswa;
  7. Melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam aspek pendidikan Islam.

 

TUJUAN

  1. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional;
  2. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang mampu mengembangkan pembelajaran dan penggunaan media;
  3. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang mampu mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan nilai-nilai Islam;
  4. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang mampu melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu pendidikan dasar;
  5. Menghasilkan Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang mampu melaksanakan pengabdian kepada masyarakat.

 

SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN

  1. Sasaran
  1. Menjadikan Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional;
  2. Menjadikan Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang mampu mengembangkan pembelajaran dan penggunaan media;
  3. Menjadikan Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang mampu mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan nilai-nilai Islam;
  4. Menjadikan Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang mampu melaksanakan penelitian dan pengembangan ilmu pendidikan dasar;
  5. Menjadikan Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) yang mampu melaksanakan pengabdian kepada masyarakat
  1. Strategi Pencapaian
  1. Mengadakan proses pembelajaran yang integral serta didukung strategi dan teknologi pembelajaran yang komprehensif;
  2. Melakukan inovasi untuk mengembangkan ilmu Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) melalui berbagai bentuk kegiatan ilmah, seperti penelitian, diskusi, seminar, lokakarya, pengembangan kurikulum dan lain-lain;
  3. Meningkatkan mahasiswa agar terlibat aktif dalam berbagai kegiatan ilmiah, seperti kegiatan lomba karya tulis ilmiah, debat aktif mahasiswa, pelatihan, kegiatan pengabdian masyarakat dan lain-lain;
  4. Melaksanakan pengabdian masyarakat melalui pendampingan guru di Madrasah Ibtidaiyah dan guru Taman Pendidikan Anak (TPA)

 

FASILITAS

  1. Ruang kuliah Gedung A dan B Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, yang didukung LCD Projector;
  2. Gedung/Laboratorium Micro Teaching FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh;
  3. Ruang Seminar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, dan Auditorium UIN Ar-Raniry Banda Aceh;
  4. Perpustakaan Induk UIN Ar-Raniry Banda Aceh, yang didukung Perpustakaan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, serta Perpustakaan/Ruang Baca Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah;
  5. Laboratorium utama Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah;
  6. Laboratorium pendukung bidang ICT dan Multimedia, bekerjasama Program Studi Pendidikan Matematika FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh;
  7. Laboratorium pendukung bidang Matematika, bekerjasama dengan Program Studi Pendidikan Matematika FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh: Laboratorium dan Pusat Pengembangan Alat Peraga Matematika (Terlengkap di Aceh dan dilengkapi alat/mesin produksi alat peraga);
  8. Laboratorium pendukung bidang Sains bekerjasama dengan Program Studi Pendidikan Biologi, Pendidikan Fisika, dan Pendidikan Kimia FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh;
  9. Laboratorium pendukung bidang Bahasa, bekerjasama dengan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Inggris FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh serta UPT Pusat Pengembangan Bahasa UIN Ar-Raniry Banda Aceh;
  10. Gedung Asrama Mahasiswa dan Ma'had Ali;
  11. Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa;
  12. Wisma UIN Ar-Raniry Banda Aceh;
  13. Lapangan Olahraga;
  14. Kantin Rektorat dan Fakultas;
  15. Lapangan Parkir yang luas.

 

PENGELOLA PROGRAM STUDI

  1. Dr. Azhar, M.Pd. (Ketua Prodi)
  2. Irwandi, S.Pd.I., M.A. (Sekretaris Prodi)
  3. Ummahati, S.Pd.I. (Layanan Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan)
  4. Fakhrul Rijal, S.Pd.I., M.A. (Layanan Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan)

 

TENAGA PENGAJAR

  1. Dr. Misbahul Jannah, M.Pd. (S3 UKM Malaysia)
  2. Wati Oviana, S.Pd.I., M.Pd. (S2 UPI Bandung)
  3. Syahidan Nurdian, S.Pd.I., M.Pd. (S2 UPI Bandung)
  4. Nida Jarmita, S.Pd.I., M.Pd. (S2 UPI Bandung)
  5. Zikra Hayati, S.Pd.I., M.Pd. (S2 UPI Bandung)
  6. Herawati, S.Pd.I., M.Pd. (S2 UPI Bandung)
  7. Silvia Sandi Wisuda Lubis, S.Pd., M.Pd. (S2 UMN Al-Wasliyah, Medan)
  8. Andriansyah, S.Pd.I., M.S.Ed. (S2 Western Oregon University, USA)
  9. Rafidhah Hanum, S.Pd.I., M.Pd. (S2 Unimed Medan)
  10. Raihan Permatasari, S.Pd.I., M.Pd.I. (S2 UIN Maliki Malang)
  11. Suhelayanti, S.Pd.I., M.Pd.I. (S2 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
  12. Prof. Dr. H. M. Nasir Budiman, M.A. (S3 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
  13. Dr. Saifullah, M.Ag. (S3 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
  14. Dr. Azhar, M.Pd. (S3 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
  15. Dr. Zainal Abidin, M.Pd. (S3 Unesa Surabaya)
  16. Dr. Muzakir, M.Ag. (S3 UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
  17. Dr. Yuni Roslaini, M.A. (S3 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
  18. Drs. Nurdin Manyak, M.Ag. (S2 UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
  19. Dra. Tasnim Idris, M.Ag. (S2 UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
  20. Drs. Ridhwan, M.Ed. (S2 IIUM Malaysia)
  21. Mawardi, S.Ag., M.Pd. (S2 UNP Padang)
  22. Masbur, S.Ag., M.Ag. (S2 UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
  23. Yuni Setia Ningsih, S.Ag., M.Ag. (S2 UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
  24. Irwandi, S.Pd.I., M.A. (S2 UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
  25. Darmiah, S.Ag., M.A. (S2 UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
  26. Daniah, S.Si., M.Pd. (S2 Unsyiah, Banda Aceh)
  27. Fajriah, S.Pd.I., M.A. (S2 UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
  28. Fakhrul Rijal, S.Pd.I., M.A. (S2 UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
  29. Sri Mutia, S.Pd.I., M.Pd. (S2 Unsyiah, Banda Aceh)
  30. Hafidh Maksum, S.Pd., M.Pd. (S2 UPI Bandung)