Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

S1 Pendidikan Bahasa Arab


PROFIL PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI AR-RANIRY BANDA ACEH

Alamat: Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Jl. Syeikh Abdur Rauf Kopelma Darussalam, Banda Aceh

Email: ftk.prodipba@ar-raniry.ac.id 

TERAKREDITASI BAN-PT NOMOR: 157/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VII/2013

PERINGKAT "A" 


 

PROFIL

Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) didirikan pada tahun 1964 dengan SK Rektor IAIN Ar-Raniry. Prodi ini berada di bawah naungan/koordinasi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh.

 

VISI

Menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa Arab yang unggul pada tingkat regional (Asia Tenggara) pada tahun 2020 dalam menyiapkan dan menghasilkan guru dan praktisi yang profesional (menguasai keterampilan pembelajaran dan kebahasaan), inovatif serta berwawasan keislaman.

 

MISI

  1. Mengembangkan pendidikan dan pembelajaran bahasa Arab yang relevan dengan perkembangan zaman dalam meningkatkan kualitas pendidikan;
  2. Mengembangkan riset di bidang pendidikan bahasa Arab secara inovatif, dan interdisipliner sebagai basis peningkatan mutu pembelajaran bahasa Arab;
  3. Meningkatkan peran serta program studi dalam pendidikan dan pembelajaran bahasa Arab bagi masyarakat yang terintegrasi dengan kearifan lokal;
  4. Menjalin kerjasama dan kemitraan dengan berbagai pihak dalam menyiapkan dan meningkatkan kualitas guru dan praktisi bahasa Arab.

 

TUJUAN

  1. Menghasilkan tenaga pendidik yang memiliki kemampuan dalam mendidik dan membelajarkan bahasa Arab secara profesional, inovatif, dan integratif;
  2. Menghasilkan tenaga pendidik yang memiliki kompetensi spiritual, paedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial, yang dilandasi nilai-nilai akhlak karimah;
  3. Menghasilkan tenaga pendidik yang mampu menguasai ilmu dan keterampilan berbahasa Arab secara kreatif, produktif dan inovatif;
  4. Menghasilkan tenaga pendidik yang handal dan profesional dalam melakukan dan memanfaatkan riset bidang pendidikan bahasa Arab untuk pengembangan ilmu-ilmu pendidikan bahasa Arab secara teori dan aplikatif yang terintegrasi dengan kearifan lokal;
  5. Menghasilkan tenaga pendidik yang mampu mengaplikasikan nilai-nilai Islam dan mendorong masyarakat untuk berbudaya Islam;
  6. Menghasilkan tenaga pendidik yang memiliki jiwa leadership dan kewirausahaan dalam menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan dan latihan (diklat) bahasa Arab secara professional;
  7. Membangun kerjasama dan kemitraan dengan berbagai pihak dalam pengembangan ilmu dan keterampilan bahasa Arab.

 

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN

  1. Kompetensi Dasar
  1. Memiliki akhlak mulia dan kecintaan terhadap profesi keguruan;
  2. Menguasai ilmu-ilmu keislaman dalam rangka pengembangan kompetensi spiritual, paedagogik, professional, kepribadian, dan sosial;
  3. Memiliki pengetahuan analitik dan sintetik terhadap ilmu pendidikan Islam dan pendidikan bahasa Arab.
  1. Kompetensi Utama
  1. Menguasai bahasa Arab secara reseptif dan produktif;
  2. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Arab;
  3. Mampu mengembangkan kurikulum pendidikan bahasa Arab sesuai dengan tuntutan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perubahan sosio kultural masyarakat;
  4. Mampu mengembangkan metode, media dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab secara inovatif, dan implementatif;
  5. Mampu menyusun dan mengembangkan bahan ajar bahasa Arab secara kreatif dan inovatif;
  6. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan pendidikan dan pembelajaran bahasa Arab;
  7. Memiliki kemampuan menerjemahkan teks bahasa Arab ke bahasa Indonesia dan bahasa Indonesia ke bahasa Arab sesuai dengan kaidah kebahasaan yang baku;
  8. Mampu melakukan riset di bidang pendidikan dan pembelajaran bahasa Arab dan  memanfaatkannya untuk kepentingan peningkatan kualitas pembelajaran bahasa Arab.
  1. Kompensi Pendukung
  1. Mampu memfasilitasi potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai kompetensi yang dimiliki;
  2. Mampu menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pembelajaran pada lembaga pendidikan dan kursus bahasa Arab secara professional;
  3. Menjadi fasilitator, narasumber dan instruktur pada lembaga pendidikan dan kursus bahasa Arab.

 

FASILITAS

  1. Ruang kuliah utama dengan 2 Gedung (A dan B) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan yang didukung LCD Projector;
  2. Perpustakaan Induk UIN Ar-Raniry Banda Aceh, yang didukung Perpustakaan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, serta Perpustakaan/Ruang Baca Prodi Pendidikan Bahasa Arab;
  3. Ruang Seminar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, dan Auditorium Prof. Ali Hasjmy;
  4. Laboratorium Micro Teaching Fakultas Tarbiyah dan Keguruan;
  5. Laboratorium Bahasa;
  6. laboratorium/Ruang Seminar Multimedia;
  7. Laboratorium Komputer Fakultas Tarbiyah dan Keguruan;
  8. Laboratorium Konseling;
  9. Gedung/Asrama Mahasiswa dan Ma'had Ali;
  10. Gedung Pusat Kegiatan Mahasiswa UIN Ar-Raniry Banda Aceh dan Pusat Kegiatan Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Keguruan;
  11. Wisma UIN Ar-Raniry Banda Aceh;
  12. Mesjid Fathun Qarib Kampus UIN Ar-Raniry Banda Aceh;
  13. Mushalla pada Setiap Gedung Kuliah, Laboratorium, dan Pusat Kegiatan Mahasiswa;
  14. Kantin Rektorat dan Fakultas;
  15. Lapangan Parkir yang luas.

 

PENGELOLA PROGRAM STUDI

  1. Dr. Buhori Muslim, M.Ag. (Ketua Prodi)
  2. Tarmizi Ninoersy, S.Pd.I., M.Ed. (Sekretaris Prodi)
  3. Muhammad Tsabirin, S.Pd.I., M.A. (Layanan Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan)

 

TENAGA PENGAJAR

  1. Prof. Drs. Amirul Hadi, M.A., Ph.D. (S3 McGill University, Canada)
  2. Dra. Asna Husin, M.A., Ph.D. (S3 Columbia University, USA)
  3. Dr. Chairan M. Nur, M.Ag. (S3 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
  4. Dr. Buhori Muslim, M.Ag. (S3 Omdurman Islamic University, Sudan)
  5. Dr. Salami, M.A. (S3 UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
  6. Drs. Gunawan, M.A., Ph.D. (S3 Georg-August-Universität Göttingen, Jerman)
  7. Dr. Ismail, M.Ag. (S3 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
  8. Dr. A. Mufakhir, M.A. (S3 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)
  9. Dr. Husnizar, M.Ag. (S3 UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
  10. Moch. Fajarul Falah, M.A., Ph.D. (S3 Omdurman Islamic University, Sudan)
  11. Dr. Mukhlisah, M.A. (S3 Omdurman Islamic University, Sudan)
  12. Dra. Tri Qurnati, M.Ag. (S2 IAIN Ar-Raniry Banda Aceh)
  13. Drs. Marzun R, M.Ag. (S2 IAIN Ar-Raniry Banda Aceh)
  14. Drs. Usman Husen, M.Ag. (S2 IAIN Ar-Raniry Banda Aceh)
  15. Drs. Suhaimi, M.Ag. (S2 IAIN Ar-Raniry Banda Aceh)
  16. Drs. Baihaqi, M.Ag. (S2 IAIN Ar-Raniry Banda Aceh)
  17. Drs. Syarifuddin Hasyim, M.Ag. (S2 IAIN Ar-Raniry Banda Aceh)
  18. Drs. Asyraf Muzaffar, M.A. (S2 Monash University, Australia)
  19. Dra. Maimunah, M.Ag. (S2 IAIN Ar-Raniry Banda Aceh)
  20. Qusaiyen, S.Ag., M.Ag. (S2 IAIN Ar-Raniry Banda Aceh)
  21. Syahminan, S.Ag., M.Ag. (S2 IAIN Ar-Raniry Banda Aceh)
  22. Intan Afriati, S.Ag., M.Ag. (S2 IAIN Ar-Raniry Banda Aceh)
  23. Tarmizi Ninoersy, S.Pd.I., M.Ed. (S2 Omdurman Islamic University, Sudan)
  24. Azwir, M.M.L.S. (S2 University of Malaya, Malaysia)
  25. M. Ridha, S.Pd.I., M.A. (S2 Khartoum International Institute for Arabic Language, Sudan)
  26. Abdullah, S.Pd.I., M.A. (S2 Omdurman Islamic University, Sudan)
  27. Badruzzaman, S.Pd.I., M.A. (S2 Khartoum International Institute for Arabic Language, Sudan)
  28. Safariah, S.Pd.I., M.A. (S2 Khartoum International Institute for Arabic Language, Sudan)
  29. Salma Hayati, S.Ag., M.Ed. (S2 Universiti Kebangsaan Malaysia)
  30. Fadhilah, S.Ag., M.A. (S2 UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
  31. Fajriah, S.Pd.I., M.A. (S2 UIN Ar-Raniry Banda Aceh)
  32. Rizki Amalia, S.Pd.I., M.A. (S2 Khartoum International Institute for Arabic Language, Sudan)
  33. Ana Sofia Jihad, S.Pd.I., M.Pd. (S2 UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)
  34. Muhammad Tsabirin, S.Pd.I., M.A. (S2 UIN Ar-Raniry Banda Aceh)