Email : uin@ar-raniry.ac.id | Telpon : +651-7557321

S1 Ilmu Ekonomi


PRODI S1

ILMU EKONOMI 

Visi Program Studi Ilmu Ekonomi :

Terdepan dalam menghasilkan  sarjana  yang  mampu  melakukan analisis  ekonomi dan kebijakan  publik dengan kaidah keilmuan, etika profesional dan perspektif integratif tahun 2030.

 

Misi Program Studi Ilmu Ekonomi :

Sebagai jabaran dari visi tersebut, maka Program Studi Ilmu Ekonomi (IE) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam  UIN Ar-Raniry memiliki misi sebagai berikut :

  1. Menyelenggarakan pendidikan, pembelajaran dan pengembangan kurikulum dalam bidang ilmu ekonomi, pembangunan dan kebijakan publik secara teoritis dan praktis.
  2. Menyiapkan lulusan yang mampu berpikir kreatif, integratif dan berwawasan global dengan nilai-nilai Islami.
  3. Menumbuhkembangkan kemampuan meneliti bagi dosen dan mahasiswa yang berbasis kompetensi dan aplikatif sehingga dapat diaplikasikan dalam kebijakan publik dan juga kehidupan bermasyarakat.
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mengaplikasikan teori dan konsep ekonomi dalam perspektif Syari’ah.
  5. Menjalin kemitraan lokal dan global, perusahaan, alumni, tenaga ahli dan profesional, lembaga pendidikan, pelatihan dan penelitian.

 

Tujuan Program Studi Ilmu Ekonomi :

Adapun tujuan Program Studi Ilmu Ekonomi (IE)  Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry adalah sebagai berikut :

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki integritas keilmuan, kemandirian dan moral yang tinggi sesuai dengan kompetensi yang diinginkan oleh stakeholders.
  2. Menghasilkan penelitian yang berkualitas dan bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan dapat diimplementasikan dalam masyarakat.
  3. Menghasilkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang menghasilkan nilai tambah bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  4. Mewujudkan berbagai bentuk kerjasama dengan lembaga lokal dan global, perusahaan, alumni, tenaga ahli dan professional, lembaga pendidikan, pelatihan dan penelitian untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dan dosen. 

 

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Sasaran dan strategi pencapaian Program Studi Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Ar-Raniry mengacu pada renstra fakultas tahun 2015-2019.Adapun sasaran dan strategi pencapaian visi, misi dan tujuan Program Studi  dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Peningkatan mutu lulusan dilakukan dengan cara melakukan pembelajaran secara lebih efektif dengan memaksimalkan  kajian analisis ekonomi dan kebijakan publik agar dapat menghasilkan alumni dengan Indeks Prestasi Komulitif di atas 3 dan terserap di dunia pekerjaan yang sesuai dengan kompetensi program studi.
  2. Peningkatan mutu kurikulum program studi dilakukan dengan optimalisasi dosen konsorsium bidang ilmu  dengan mengakomodasi masukan dari hasil jejak pendapat para stakeholder sehingga responsif terhadap perkembangan yang ada.
  3. Peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan melalui sertifikasi dosen, fasilitasi para dosen dan tenaga kependidikan untuk studi lanjut ke jenjang S3 dengan bidang keahlian yang sesuai program studi. Program Studi Ilmu Ekonomi saat ini memiliki dosen tetap sebanyak 11 orang yang bidang keahliannya sesuai dengan kompetensi program studi, terdiri dari 3 (tiga ) orang dosen berpendidikan S3 dan sisanya berpendidikan S2. Selain jalur formal, program studi juga telah mengirim para dosen pada berbagai workshop, seminar dan pelatihan terkait peningkatan profesionalitas kerja baik di dalam maupun di luar negeri. Di samping itu peningkatan mutu pendidik (dosen) dilakukan dengan penyebaran questionaire kepada mahasiswa untuk memberikan penilaian terhadap cara mengajar dosen yang meliputi penguasaan materi, metode penyampaian serta penguasaan terhadap alat-alat pembelajaran.
  4. Peningkatan sarana dan prasarana program studi dilakukan dengan  melengkapi koleksi taman baca bidang ekonomi publik, penambahan akses internet, layar monitor informasi di beberapa tempat strategis, website program studi, ruangan pusat informasi dan pelayanan mahasiswa.
  5. Peningkatan mutu sistem pengelolaan program studi dilakukan dengan  penataan sistem administrasi dan manajemen berbasis sistem informasi, diperkuat dengan adanya penyusunan buku pedoman akademik program studi, pedoman operasional dan prosedur program studi, uraian tugas pokok dan fungsi. Optimalisasi peran kelembagaan sepert penjaminan mutu akademik oleh LPM (Lembaga Penjamin Mutu) UIN Ar-Raniry, Pengelola penelitian dan pengabdian oleh P2M (Pusat Penelitian  dan Pengabdian Masyarakat), Pengelolaan sistem informasi oleh Pusat Komputer (Puskom). Penyelenggaraan kegiatan lembaga ini harus inheren dan terintegrasi dengan kegiatan Program Studi Ilmu Ekonomi.
  6. Peningkatan mutu pembiayaan program studi dilakukan dengan peningkatan kerjasama dengan dalam dan luar negeri, peningkatan biaya SPP mahasiswa dan optimalisasi sumber lain yang halal. Alokasi pembiayaan dilakukan secara proporsional untuk kebutuhan akadenik, administrasi dan pelayanan serta pembinaan mahasiswa.
  7. Peningkatan mutu sistem pembelajaran program studi dilakukan dengan pelaksanaan pengajaran dengan sistem partisipasif dan aktif (active learning). Untuk memperkuat hal ini pihak rektoran UIN Ar-Raniry menyatakan bahwa ketentuan umum dalam setiap perkuliahan  terdiri dari kegiatan tatap muka yaitu sebanyak 16 kali, kegiatan terstruktur atau kegiatan mandiri[1]
  8. Peningkatan mutu sistem penilaian pendidikan Program Studi dilakukan dengan pembentukan Lembaga Penjaminan Mutu (PJM) di UIN Ar-Raniry.
  9. Peningkatan mutu ilmiah dan kreatifitas mahasiswa dilakukan melalui pembentukan Economics Club dan Ekonomi Kreatif pada tanggal 22 Februari 2016 guna memfasilitasi mahasiswa mengembangkan jiwa kemandirian dan entrepreneur dan kemampuan melakukan riset di bidang ekonomi.